Apa yang ditawarkan Oleh Jasa Web Hosting

Apa yang ditawarkan Oleh Jasa Web Hosting. Jasa web hosting secara umum dapat diartikan yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyewaan perangkat keras maupun perangkan lunak dimana melalui perangkat tersebut memungkinkan para penyewa dapat menyimpan data mereka sehingga bisa diakses siapa saja, dimana saja dan kapan saja selama dapat terhubung kedalam jaringan baik jaringan lokal maupun jaringan secara luas yang secara umum diakses melalui jaringan internet.
Data yang ada di dalam web hosting bisa berupa apa saja yang berbentuk data digital dari mulai data sederhana sampai data yang kompleks, web hosting sendiri biasanya diperuntukan untuk menyimpan file terstruktur yaitu berupa website sesuai dengan namanya yaitu web hosting.

Beberapa layanan yang ditawarkan oleh jasa web hosting diantaranya :

* Layanan web hosting berbagi atau yang sering disebut dengan shared hosting yaitu beberapa situs web yang secara bersamaan berada dalam sebuah server dan berbagi resource seperti harddisk, RAM, CPU dll dengan penngguna lain, dalam satu server shared hosting bisa terdapat ratusan bahkan ribuan pemilik web.

Layanan ini lebih cocok untuk penggunaan pribadi atau situs web yang belum memiliki tingkat kunjungan dan penggunaan resource yang tinggi.

* Layanan jasa reseller web hosting dimana perusahaan hosting memberikan hak kepada pengguna reseller hosting untuk bisa menjual kembali layanan hosting mereka, dalam penerapannya seperti contoh berikut, misalnya perusahaan web hosting menyewakan reseller hosting dengan space harddisk 200 GB ( 1 GB = 100 MB ) dan bandwith 100 GB dengan harga Rp. 200 ribu perbulan maka pengguna reseller hosting bebas untuk memecah space harddisk tersebut menjadi paket-paket lain yang space nya bervariasi misalkan menjadi 100 MB dan bandwith 300 MB dengan harga Rp. 40 ribu perbulan dll

Selain mendapatkan kebebasan menentukan paket dan harga jual sendiri pengguna reseller hosting juga diberikan hak akses lain diatas pengguna shared hosting seperti melakukan suspend dan unsuspend dll

* Layanan web hosting gratis, sesuai dengan namanya layanan ini memberikan hosting gratis namun tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku seperti adanya keterbatasan, tampilnya iklan disetiap akun hosting yang dimiliki dll

* Layanan dedicated server yaitu penyewaan server tersendiri dimana satu server hanya dimiliki oleh satu pengguna, ini lebih cocok bagi yang memiliki website dengan kunjungan serta penggunaan resource yang tinggi namun dari sisi online server masih tetap ada keterlibatan pihak yang menyewakan dedicated server jadi ketika server down masih ada peran penyedia dedicated server untu ikut menanggulangi.

* Layanan colocation server sama hal nya dengan dedicated server dimana diperuntukan bagi yang memiliki website dengan kunjungan dan penggunaan resource yang tinggi namun dari sisi pengelolaan hardware sepenuhnya dikelola oleh pemilik server, penyedia layanan colocation bersifat hanya menyewakan tempat untuk server.

* Layanan support yang biasanya merupakan layanan 24 jam sehari, 7 hari seminggu termasuk hari libur dimana pihak penyedia web hosting benar-benar melakukan monitoring terhadap server secara penuh melihat dari situs web yang harus terus online tanpa ada batasan waktu.

Selain layanan-layanan diatas kini penyedia jasa web hosting juga menawarakan layanan seperti cloud hosting, cluster hosting, grid hosting dan layanan registrasi nama domain.