Mencari dan Menentukan Nama Domain yang baik

Mencari dan Menentukan Nama Domain yang baik untuk sebuah produk atau perusahaan terkadang merupakan sesuatu hal yang cukup sulit terutama nama domain yang erat kaitannya dengan sebuah keahlian.

Image courtesy of Salvatore Vuono at FreeDigitalPhotos.net

Hal pertama yang harus diingat ketika Mencari dan Menentukan Nama Domain yang baik adalah jangan tergantung kepada keputusan orang banyak, sebaik baiknya nama domain yang berkaitan dengan sebuah keahlian adalah Anda yang tentukan karena siapa lagi yang mengenal lebih dalam tentang keahlian Anda dalah Anda sendiri.

Pikirkan nama domain tersebut dalam ruang lingkup hukum, Nama yang Anda dapatkan bisa menyebabkan masalah karena berkaitan dengan hukum misalnya ketika sudah mempunyai nama kemudian ada yang klaim walupun hanya di klaim oleh perusahaan kecil namun it cukup merepotkan.

Mulailah dengan membuat daftar nama domain yang diinginkan yang akan selalu diingat dalam benak konsumen, Nama harus mencerminkan posisi dan tujuan bisnis Anda ( Nama harus melayani tujuan )

Nama domain yang baik harus menyiratkan bisnis yang ditawarkan, dengan memulai menyiratkan bisnis dalam nama produk maka ini adalah langkah awal untuk menjaring prospek karena ketika pertama kali melihat atau mendegar nama akan langsung dipikirkan atau dibayangkan.

Contoh sebagai berikut : Terpercaya, cepat, terbaik, mudah, berkualitas tinggi, Berpengalaman, menyenangkan, handal, murah, terjamin, direkomendasikan, jujur, unik dll

Setelah membuat atribut nama kemudian fokus tanyakan pada sebuah kelompok atau orang terdekat yang sering melakukan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis anda, misalnya Anda melayani penjualan PC tanyakan kalau Cepat, dijamin dan murah akan melayani kebutuhan kelompok tersebut, jika mereka memberikan respon kurang baik maka cari kembali daftar lain.

Setelah mempunyai daftar nama domain sekarang waktunya membuat keputusan apakah ingin membuat nama yang umum, nama yang detail atau nama yang aneh.

Nama yang aneh atau lain dari yang lain atau unik biasanya menjadi nama besar walupun sulit dibesarkan diawal, misalnya nama Lenovo, apa itu Lenovo ? atau Axioo apa itu Axioo ? mungkin tidak banyak orang yang mengetahui artinya namun nama-nama seperti ini akan memperkuat brand produk dan perusahaan Anda.

yang kedua adalah nama deskriptif atau nama detail menerangkan sesuatu, nama-nama ini memang cepat dimengerti dan langsung tahu produk yang Anda tawarkan namun dalam satu sisi sulit untuk diingat karena hampir sama dengan nama-nama lain, contoh : Mesin Handal, Pelumas Murah, Sehat alami dll.

yang ketiga adalah nama umum, nama ini biasanya mewakili secara keseluruhan produk atau perusahaan dan penulisannya menjadi panjang, nama ini hampir sama dengan nama deskriftif namun lebih panjang lebar.

Pilihlah nama domain yang unik karena selain tidak akan bentrok dengan merk atau bisnis perusahaan lain juga ketika sudah dikenal akan benar-benar membentuk citra produk dan perusahaan dan akan selalu terbenam dibenak pemikiran orang-orang.

Ada juga yang mengatakan bahwa " nama adalah sebuah keberuntungan " 

Artikel lain seputar Mencari dan Menentukan Nama Domain yang baik Saya temukan di Blog jokosusilo.com yaitu Memilih Nama Domain yang Memikat atau Bagaimana Cara Memilih Nama Bisnis