Pilih Wordpress atau blogspot ?

Blogger di seluruh dunia hampir sebagian besar menggunakan platform Wordpress dan Blogspot, keduanya mempunyai keunggulan tersendiri walaupun memang lebih banyak dan lebih disarankan menggunakan platform Wordpress dilihat dari beberapa keunggulan Wordpress dalam hal SEO dll

Baca juga :
Keunggulan dan Fitur WordPress

Tetapi mungkin beberapa orang termasuk Saya sendiri menentukan piliihan lain yaitu tadinya menggunakan Wordpress kemudian pindah menggunakan Blogspot, sebelum kita membahas efek apa yang terjadi jika pindah dari Wordpress ke Blogspot mari kita cek terlebih dahulu beberapa pertimbangan dari sisi server dan biaya antara memilih menggunakan Wordpress atau menggunakan blogspot terlepas dari kelebihan yang dimiliki Wordpress.

Menggunakan Wordpress

* Jika menggunakan domain sendiri, karena tidak menggunakan free hosting dari wordpress maka harus menggunakan self hosting dalam artian blog yang kita kelola harus menyediakan dana untuk bayar sewa hosting dan jika blog tersebut belum atau tidak menghasilkan maka dari sudut pandang Saya pribadi ini kurang begitu menguntungkan karena blog yang Saya kelola memang untuk di monetize.

* Jika menggunakan self hosting, semakin banyak pengunjung maka diperlukan server tersendiri yang mempunyai kapasitas cukup supaya blog dapat diakses dengan normal.

Jika menggunakan self hosting dengan jenis share hosting dengan pertimbangan biaya lebih murah sudah dapat dipastikan jangankan puluhan ribu pengunjung perhari, diatas seribu pengunjung perharipun server sudah tidak berjalan normal alias sering tidak dapat diakses entah itu dari isi konten blog yang berlebihan atau memang kualitas server yang kurang baik.

Tapi sudah pasti bahwa jika menggunakan share hosting tidak layak untuk kunjungan puluhan ribu perhari, jika pengunjung semakin lama semakin meningkat mau tidak mau harus menggunakan dedicated server sendiri dengan biaya bulanan diatas satu juta rupiah menggunakan spesifikasi server yang cukup.

Dalam satu sisi bisa saja mengguakan shared hosting terlebih dahulu dan seiring perkembangan ketika traffic meingkat upgrade hosting secara bertahap. Pastikan gunakan shared hosting terbaik dari sisi kualitas maupun layanan pendukung lainnya.

Jika blog tidak menghasilkan dan Anda tidak mempunyai dana extra untuk membiayai blog tersebut maka ini akan menjadi sesuatu hal yang membuang-buang biaya saja tanpa menghasilkan sesuatu hal yang produktif.

* Jika menggunakan domain dan hosting dari Wordpress itu sama saja yaitu harus ada biaya lebih yang dikeluarkan.

Poin diatas mungkin tidak berlaku jika Anda menggunakan Wordpress gratis dan perlu diingat bahwa kini free Wordpress menempatkan iklan tepat dibwah artikel dan tidak bisa dihilangkan terkecuali menggunakan hosting berbayar dari Wordpress itu sendiri.

Menggunakan blogspot

* Blogspot menggunakan server yang dikelola sendiri oleh google namun blogspot ini bisa menggunakan custom domain tanpa biaya tambahan untuk server, jadi cukup dengan biaya domain saja yang dikeluarkan.

* Dari sisi server, kecepatan akses sama dengan server yang digunakan oleh free blogspot, server yang digunakan sudah pasti shared hosting tapi di kelola langsung oleh google.

* Akses blog jika Saya perhatikan lebih lancar di server blogspot dibandingkan dengan menggunakan shared hosting apalagi jika shared hosting yang disewa dengan harga murah sudah pasti lebih baik menggunakan server di blogspot.

* Dari sisi biaya tentu cukup hanya biaya untuk domain saja tanpa ada biaya lain bahkan jika Anda menggunakan nama domain gratis maka tidak perlu ada biaya lain.

Dari poin-poin diatas sudah dapat dipastikan bahwa perpindahan atau penggunaan antara Wordpress dan Blogspot bagi Saya pribadi atau mungkin untuk sebagian orang berkaitan dengan pembiayaan diluar dari baik dan tidaknya dalam hal SEO dan kelebihan lain yang dimiliki Wordpress dibanding dengan Blogspot.

Tetapi jika Anda mempunyai biaya lebih dan sudah dipersiapakan dari awal serta blog dapat menghasilkan dan dapat mengembalikan modal dalam jangka waktu yang sudah diperhitungkan maka tidak ada salahnya menggunakan server tersendiri.

Catatan : Tidak ada salahnya dengan menggunakan blogspot, selama blog dikelola dengan baik maka menggunakan blogspot pun dapat menghasilkan banyak pengunjung dan tetap bisa bersaing dalam hal SEO. Tapi perlu diingat ya, tetap berikan kontribusi positif untuk Google :)