Kelebihan Wordpress

Kelebihan Wordpress

Dalam dunia blogging terlepas untuk kebutuhan apa blog tersebut dibuat pasti tidak lepas dari platform blog itu sendiri, paltform blog yang baik akan mempermudah dalam hal pengoptimalan SEO, modifikasi desain, penambahan fitur, keamanan dan hal lainnya yang diperlukan untuk meningkatkan popularitas blog yang kita bangun.

Ada berbagai macam platform yang saat ini banyak dijumpai, namun salah satu yang terbaik adalah platform wordpress, kenapa Wordpress ? karena Wordpress memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya, dibawah Saya tulis beberapa kelebihan wordpress dengan tidak membahas kekurangan platform lain.

1. Lebih Baik dari sisi SEO : Wordpress lebih SEO-friendly berarti akan membantu semua informasi yang ingin Anda sampaikan lebih cepat masuk ke kadalam mesin pencari yang akhirnya bisa ditemukan oleh pencari informasi.

2. Mudah dikelola : WordPress benar-benar mudah untuk dikelola dari mulai pembuatan halaman, membuat artikel, kustom desain bahkan WordPress memungkinkan Anda dapat mengelola banyak situs dalam satu dashboard tunggal.

3. Bisa ditempatkan di hosting sendiri : Platform wordpress bisa Anda install di hosting sendiri dengan begitu akan lebih leluasa dalam hal modifikasi baris pemrograman bahkan sampai ke akar koding itu sendiri.

4. Kendali atas konten yang dimuat : dikarenakan platform wordpress bisa diinstall di hosting sendiri jadi kemungkinan dihapus sangat kecil kecuali melanggar peraturan penyedia hosting dimana hal ini sangat jarang terjadi karena penyedia hosting memberikan fleksibilitas kepada para client nya jadi Anda tidak dibatasi untuk menentukan jenis strategi atau tekhnik promosi yang ingin digunakan, dalam hal ini Anda sepenuhnya memegang kendali.

6. Mudah jika Anda ingin menjualnya : hal ini mungkin jarang terjadi seorang blogger menjual blog mereka apalgi sudah dikunjungi banyak pengunjung tetapi jika dalam saat tertentu memang harus dijual maka blog yang menggunakan platform wordpress mudah dujual tidak seperti blog lain yang mengunakan sub domain dan server bukan milik sendiri.

7. didukung banyak Plugin : Plugin wordpress jumlahnya sangat banyak dan hampir secara keseluruhan plugin wordpress bisa memenuhi semua kebutuhan dalam mengoptimalkan Blog, misalnya plugin SEO, security, optimalisasi database, promosi, e-commerce dll dimana plugin-plugin ini sangat mudah untuk diterapkan, tidak perlu pengetahuan khusus tinggal install.

8. Memiliki komunitas yang cukup besar : jika Anda menemukan suatu masalah atau terhambat pada masalah tertentu maka akan sangat mudah dalam hal pemecahannya, hampir semua permasalahan dan solusinya di bahas oleh komunitas Wordpress.

9. Tahap instalasi dalam beberapa klik : jika Anda menggunakan hosting sendiri saat ini banyak penyedia hosting yang menyediakan add on seperti fantastico dan softaculous yang memungkinkan pengguna bisa install wordpress dalam beberapa klik, tidak lebih dari 5 klik, misal mengunakan softaculous, klik softaculous-pilih wordpress-klik install dan selesai.

Saya sendiri sudah mengunakan wordpress lebih dari 4 tahun dan sudah mencoba berbagai platform blog namun secara otomatis kembali kepada wordpress, penyebab tetap kembali pada wordpress sudah sangat jelas disadari maupun tidak disadari karena mudahnya menemukan solusi     atas suatu masalah yang bisa ditemukan secara mudah di internet.