Punya Website Sendiri atau Melalui Market Place ?

Lebih baik punya website sendiri atau menggunakan market place ketika menjual produk ?

Membuat Website Toko Online
Image by WebHostingAllinOne
Memiliki website sudah tidak bisa dipungkiri lagi memiliki peranan penting hampir dalam berbagai aspek, contoh nya kini para orang tua ketika memasuki tahun ajaran baru terutama ketika siap-siap menuju tingkat selanjutnya pasti akan mencari informasi sekolah yang dituju melalui website sekolah tersebut. Sangat disayangkan memang jika sebuah sekolah tidak memiliki website yang memuat update informasi terbaru di dalamnya.

Selain itu sama halnya dengan website toko online untuk menjual dan memasarkan sebuah produk, peran website sangatlah penting bahkan menurut pendapat beberapa pelaku usaha, website memiliki keuntungan lebih dibanding menjual produk di market place. Hal tersebut bukanya tidak memiliki alasan. Menurut mereka ketika menjual di market place produk mereka bersanding dengan produk lainnya dimana bisa saja ketika pengunjung melihat sebuah produk namun beralih ke produk lain. Entah itu karena harga atau karena jenis produk itu sendiri.

Satu sisi market place memang meiliki keunggulan yaitu banyaknya pengunjung dan rasa percaya bagi pembeli karena menggunakan rekening bersama, artinya pembeli melakukan pembayaran ke rekening market place, baru setelah barang diterima pembeli selanjutnya dana tersebut dicarikan/ditarik oleh penjual. Intinya dana ditampung dulu oleh market place.

Namun begitu belum tentu juga pemilik bisnis mau mengikuti aturan tersebut, pemilik produk bisa jadi lebih nyaman jika pembayaran langsung ke rekening mereka.

Bagaimana mengenai keterkenalan website? ini juga tergantung pemilik toko online, jika pemilik bisa memperkenalkan toko online mereka dengan baik misal melalui SEO atau cara lainnya maka bisa saja terkenal seperti market place.

Tentang kepercayaan ketika pembeli melakukan pembayaran ini juga bagi para pelaku usaha yang menjual produk mereka secara online sudah saat nya secara bersama membangun kepercayaan konsumen dengan terus mengutamakan kejujuran dan memberikan edukasi kepada para pengguna internet cara belanja online yang baik.

Kesimpulan:
Lebih baik punya website sendiri atau melalui market palace ? tdak ada salahnya memiliki keduanya, bisa memasarkan produk melalui market place tapi website juga tetap punya. Karena walau bagaimanapun informasi produk dan lainya yang disampaikan di market place memiliki keterbatasan tidak seleluasa informasi yang bisa dimuat webiste sendiri.

Teruma jika penjual produk tersebut sudah merupakan sebuah perusahaa mandiri yang hampir tidak mungkin memasarkan produk mereka hanya di market place. Bagi prusahaan memiliki website bukan hanya sekedar sarana menjual tapi merupakan pembentukan brand produk mereka.

Kegunaan website tidak hanya untuk menjual produk.

Memiliki website kini sangat mudah, Anda bisa membuat website sendiri menggunakan website builder