Apa Itu G Suite, Fitur, Keunggulan dan Cara Memiliki G Suite

Apa Itu G Suite, Fitur, Keunggulan dan Cara Memiliki G Suite

G Suite Email Gmail
G Suite atau dulu disebut Google Apps merupakaan alat kolaborasi perangkat lunak yang di kembangkan oleh Google. Di dalamnya terdapat :
  • Gmail
  • G Drive untuk pengelolaan dokumen, persentasi, formulir, google sheet dan google site
  • Google+
  • Kalender
  • Hangout
Layanan seperti Gdrive, Google+, Kalender, Hangout, google site, google photo merupakan layanan gratis dan bebas digunakan namun untuk Gsuite Gmail saat ini termasuk layanan berbayar ketika ingin menggunakan gmail menggunakan nama domain sendiri. Artinya ketika anda memiliki email misalnya namaanda@namadomain[dot]com bisa diakses menggunakan gmail pada seperti umumnya, bukan akses di server hosting, bahkan tanpa membeli hosting pun sudah bisa buka email.

Keunggulan menggunakan email melalui G Suite tentu sangat menguntungkan karena seperti yang kita ketahui bahwa email gmail memiliki kualitas sangat baik, jarang error, hampir tidak pernah down dan tidak ada iklan di halaman inbox. Selain itu email yang masuk ke gmail jarang masuk ke spam terutama jika email pengirim ada di daftar kontak.

Cara memiliki G suite sangatlah mudah dan murah, anda juga tidak perlu mempunyai kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Penyedia hosting lokal kini sudah ada yang menawarkan G suite tentu dengan pembayaran Bank lokal.

Jika ingin memiliki email gmail dengan nama domain sendiri cukup dengan membeli G Suite dan pilih pilihan pendaftaran nama domain baru, maka otomatis nama domain disediakan oleh penyedia hosting tersebut.

Contohnya bisa dilihat disini G suite Kolaborasi Google Intelligent Untuk Bisnis Anda

Bagaimana jika sudah memiliki nama domain, apakah bisa menggunakan G Suite ? tentu bisa, anda bisa memilih sudah mempunyai nama domain dan tinggal mengarahkan MX Record, jika tidak paham cara konfigurasi bisa menanyakan dan dibantu oleh penyedia G suite Tersebut.

Bagaimana jika sudah memiliki akun email gratis, apakah bisa dipindahkan ? dengan fitur migrasi yang telah disediakan, bagi yang meiliki email Microsoft Exchange, Lotus Notes, IMAP server dan akun gmail lainnya dapat dengan mudah memindahkan tanpa harus kehilangan data.

Mengenai harga dibandingkan dengan manfaat terhitung sangatlah murah, satu akun G Suite hanya sekitar 30 ribuah per bulan ini tentu jauh lebih murah dibanding menggunakan hosting sendiri ditambah lagi fitur-fitur G Suite yang tidak dimiliki hosting biasa.

Comments

Aku ID said…
WOW G Suite ya, pengen sih pake email gmail dengan nama domain sendiri tapi sayang nya aku belum punya domain