Tips Beli Domain Murah

Tips Beli Domain Murah

Oke kali ini kita bahas mengenai tips beli domain murah yang bisa dijadikan acuan jika budget anda minim untuk beli domain yang harganya tidak seberapa itu. Walupun sebenarnya harga murah itu relatif, jika punya 10 jt berarti harga 150 rb terhitung murah, tapi jika punya 50 rb maka harga 150 rb bisa jadi terlihat mahal :)

Harga domain populer seperti .com hanya Rp 70 ribu sd 150 ribuan tapi masih tetap ingin cari yang lebih murah. Tidak apa-apa bagi yang masih ingin beli domain murah ada tips yang bisa dilakukan.

Tips Pertama. Cari domain di penyedia jasa domain yang sedang promo, harganya benar-benar bisa sangat murah, domain .com misalnya bisa dijual Rp 70 rb untuk satu tahun, kalau saja kebetulan dapat nama domain bagus maka ini sangat menguntungkan.

TAPI INGAT! jangan sampai terjebak harga murah diawal, umumnya penjual domain memeberikan harga murah diawal bukan tidak ada maunya dikemudian hari. Jika harga domain begitu murah, hampir dapat dipastikan harga perpenjangan akan lebih mahal dari harga pembelian awal.


Harga perpanjangan bisa beberapa kali lipat lebih mahal dari harga umum. Bisa jadi harga perepanjangan mencapai di angka Rp 250.000 yang menurut ukuran harga domain .com itu harga cukup tinggi.

Lain hal jika memang dari awal Anda punya perhitungan, misalnya membuat sebuah website untuk tujuan bisnis kemudian cari domain murah diawal dan tidak begitu yakin bahwa website nya akan berkembang dan menghasilkan. Mungkin Anda berpikir tidak apa-apa harga perpanjangan mahal jika bisnis berkembang dan mengahasilkan. ( Itupun jika sebuah website bisa berkembang dan banyak pengunjung dalam 1 thn )

Pastikan anda membaca dan mencari syarat serta ketentuan harga domain murah tersebut, karena bisa jadi harga perpanjangan tidak di perlihatkan secara terang-terangan. Tau-tau nya anda kaget ketika melihat tagihan di tahun kedua.

Tips Kedua. Beli nama domain bukan domain pupuler misal .xyz .win .stream .accountant dll tapi ini juga harus perhatikan harga renew yang tetap memiliki harga yang lebih tinggi walupun untuk domain .accountant justru terbalik dimana harga pembelian awal lebih mahal dari harga renew.

Tips Ketiga. Cari domain dari penyedia jasa yang menawarkan pembelian hosting gratis domain. Mengapa ini bisa termasuk kedalam domain murah ? hitungannya begini, misalnya harga hosting Rp 150.000 /thn dengan space 600 MB. Jika harga hosting 600 MB pada umumnya adalah 10 rb/bln maka per thn berarti 120 rb. Jadi harga domain Rp 30 rb saja dan ini berlaku permanen/selamanya.

Tips diatas tentang beli domain murah, lalu apa ada domain dengan harga mahal ? ada, yaitu nama domain premium. .com bisa mencapai harga 5 M atau yang sudah disimpan ditempat lelang seperti di sedo.com yang rata-rata diatas USD 1000

Kesimpulan:
Jika dilihat secara seksama sebenarnya harga segitu-gitu juga, baik yang sedang promo kemudian harga renew mahal, atau yang beli hosting gratis domain dan sebaliknya beli domain gratis hosting.

Intinya harga domain tidak bisa begitu murah-murah amat, semua harga ada kelebihan dan kekurangan. Kecuali Anda ingin domain yang benar-benar gratis seperti .ga .gq dll yang sangat tidak disarakan.

Ektensi Nama Domain