Seberapa Penting Web Hosting Dalam Dunia Online

Web Hosting dalam dunia online dan pengaruhnya.

Web Hosting
Image by WebHostingAllinOne
Sejak era kemunculan internet pada tahun 1969 yang dibentuk oleh ARPA ( Advanced Research Project Agency Network ) Department Pertahanan Amerika. Kini internet sudah berkembang kedalam berbagai bentuk tidak hanya untuk kepentingan pemerintahan saja namun sudah dapat digunakan secara umum untuk kepentingan publik. Baik untuk hiburan, pertukaran informasi dan hal lain yang bersifat sangat penting.

Antara tahun 1993 sd 1995 munculah protokol World Wide Web atau yang sering kita kenal dengan WWW untuk menampilkan informasi dalam halaman web. Dari sini mulailah terlihat perannya web hosting dimana halaman informasi tersebut tidaklah mungkin ada jika tidak disimpan di tempat tertentu. Web Hosting merupakan tempat menyimpan semua informasi baik itu berupa tulisan, gambar, suara ataupun video dan bisa diakses oleh umum jika pemilik mengijinkannya.

Lebih detil tentang web hosting secara teknis silahkan baca tentang Apa Itu Web Hosting dan Jenis-jenis Web Hosting

Diatas adalah sekilas tentang sejarah hosting namun artikel kali ini akan berbicara lebih jauh tentang seberapa penting web hosting dalam dunia online. Jika kita lihat fungsi web hosting itu sendiri maka sudahlah pasti peran web hosting dalam dunia online sangatlah vital.

Sebagai pengguna awam mugnkin tidak pernah mengetahui bahwa situs-sius web besar dengan berbagai macam fungsi seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex dll berfungsi sebagai alat untuk mencari dan Facebook, Instagram, Twitter, Google Plus dll berfungsi sebagai media sosial serta situs web perbankan dan masih banyak lagi, semuanya ditempatkan dala web hosting/web server. Mereka tidak akan pernah ada dan tidak mungkin dapat diakses jika tidak ada atau tidak menggunakan teknologi web hosting.

Web Hosting ibarat sebuah gedung yang digunakan untuk berbagai keperluan dan gedung tersebut dapat diakses oleh publik. Dalam dunia digital gedung tersebut digunakan untuk menyimpan data yang datanya dikembangakan sedemikian rupa supaya mudah di ambil/download, dilihat, didengarkan, ditulis dll seperti halnya situ-situs web diatas.

Satu sisi tentu saja dalam gedung tersebut ada akses yang dibatasi dimana hanya pemilik gedung saja yang boleh tau atau akses hanya untuk orang tertentu saja.

Melihat penjelasan diatas keberadaan web hosting merupakan paling utama sebelum adanya web itu sendiri dan keberadaan web hosting sangat memiliki pengaruh yang sangat besar.

Kita bisa bayangkan jika terjadi kendali dalam server Google maka semua pengguna tidak akan bisa mencari lagi informasi melalui Google Search, Jika server Google Mail ada kendala maka pengguna tidak bisa kirim atau terima email bahkan login pun tidak akan bisa karena gmail tidak bisa diakses.

Sama halnya dengan server Facebook, jika mereka mengalami gangguan secara total dan global maka para pengguna media sosial akan otomatis berhenti karena Facebook tidak bisa diakses.

Berbagai macam cara dan teknologi dikembagkan untuk menjaga supaya server tetap dapat terus diakses walupuan terjadi kerusakan seperti menyimpan data di beberapa server, menggunakan cloud server termasuk hardware backup.

Nah, kini Anda sudah tau kan bahwa peranan web hosting dalam dunia online sangatlah penting dan memiliki pengaruh begitu besar.