Mencoba dan Menilai Hosting Gratis Sebelum Membeli

Mencoba dan Menilai Hosting Gratis Sebelum Membeli

Promo Web Hosting
Image by WHAiO
Melakukan percobaan sebelum kita memutuskan untuk membeli web hosting bisa saja kita lakukan selama penyedia hosting tersebut memberikan fasilitas percobaan. Hal ini dilakukan supaya kita merasakan lebih dahulu kualitas hosting yang akan kita beli.

Mungkin akan jarang penyedia hosting memberikan fasilitas tersebut tapi kita bisa mencari dan memanfaatkan hosting gratis. Hosting gratis disini dalam artian bukan hosting yang benar-benar gratis tanpa ada tujuan dan syarat tertentu dari penyedia hosting.

Jika kita benar-benar menggunakan hosting gratis biasanya ada fitur tertentu yang tidak ada atau hosting tersebut sudah menyertakan/menampilkan kepentingan penyedia hosting. Misalnya di web yang kita buat akan terlihat iklan yang tidak bisa dihapus, jikapun dihapus biasanya hosting kita suspend.

Cara terbaik untuk mencoba dan menilai kualitas hosting gratis adalah sebagai berikut :
  • Tawaran hosting gratis satu bulan pertama. Selama satu bulan kita bisa melakukan percobaan dan menggunakan fasilitas yang diberikan. Hosting gratis seperti ini biasanya memberikan space, bandwith dll full sama dengan hosting berbayar bahkan mereka menawarkan space dan bandwith besar dengan kualitas dan pelayanan maksimal. Mereka tidak akan berani memberikan kualitas buruk karena jika begitu maka pelanggan tidak akan memperpanjangnya.
    Harapan mereka pelenggan yang mencoba hosting gratis tersebut akan memperpanjang dengan cara membayar di bulan kedua dan seterusnya.
  • Bisa saja ada hosting gratis selamanya. Ada penyedia hosting yang menyediakan gratis hosting selamanya tapi biasanya mereka memberikan space dan bandwith kecil misal 10 MB yang hanya bisa digunakan membuat web HTML sederhana. Untuk membuat web dinamis apalagi dengan gambar banyak sudah tentu tidak akan cukup.
    Dengan space segitu kecil maka pelanggan kemungkinan besar melakukan upgrade ke yang lebih besar dan tentu saja berbayar.
  • Beli domain gratis hosting. Ini sama saja dengan beli hosting gratis domain. Tapi jika anda baru memiliki budget untuk membeli domain saja, tawaran ini bisa diambil tapi perlu diingat, biasanya harga domain akan lebih mahal dari harga umum atau harga domain sama tapi tahun kedua hosting nya tetap berbayar.
Kesimpulan :
Intinya sama saja bukan : ) bahwa sebenarnya tidak ada hosting yang benar-benar gratis, hosting itu perlu adanya hardware dan perawatannya maka 100% tidak akan ada hosting yang benar-benar gratis. Semua penyedia hosting gratis pasti memiliki tujuan tertentu dilihat dari berbagai faktor.

Yang terpenting harus diperhatikan adalah jangan pernah membeli hosting terlalu murah tapi spek gila-gilaan tanpa tujuan dan syarat tertentu dari penyedia hosting tersebut. Syarat dan ketentuan hosting murah biasanya seperti promo, harga murah di awal pembelian, harga murah satu bulan pertama saja dll.

Jika harga hosting terlalu murah tanpa sarat tertentu dijamin kualitas hosting tersebut akan sangat mengecewakan.