Cara Menentukan Hosting Berkualitas

Cara Menentukan Hosting Berkualitas

Cara menentukan hosting berkualitas tidak hanya bisa ditentukan oleh satu atau dua faktor melainkan terdapat beberapa hal yang harus dipastikan. Mungkin sebagian orang mengira bahwa hosting berkualitas ditentukan oleh kecepatan dan kesetabilan saja. Secara umum bukan hanya itu yang menentukan hosting menjadi berkualitas atau tidak.

Dan dari sisi harga belum tentu juga bahwa harga hosting murah dapat memastikan bahwa kualitas hosting tersebut buruk. Karena hosting murah bisa jadi disebabkan merupakan sebuah strategi pemasaran bukan karena berdasar kualitas server yang murahan.

Lalu apa saja cara menentukan hosting berkualitas atau tidak :
  • Kecepatan, memiliki hosting dengan akses cepat akan sangat berpengaruh kepada kenyamanan pengunjung. Pengunjung akan terus kembali jika situs web yang mereka akses cepat. Dan juga memiliki hosting cepat akan baik dimata mesin pencari.
  • Kesetabilan, hosting yang stabil akan sangat disukai pengunjung. Untuk apa memiliki hosting cepat jika diakses nya hanya bisa sesekali.
  • Pelayanan prima, sudah dapat dipastikan secepat dan se setabil apapun atau sebagus apapun sebuah server hosting pasti sesekali akan ada kendala. Jadi harus dapat dipastikan bahwa ketika terjadi kendala akan di selesaikan dengan cepat oleh penyedia hosting tersebut.
Ketiga faktor diatas merupakan faktor utama untuk menentukan apakah hosting tersebut layak disebut sebagai hosting yang berkualitas.

Selanjutnya apakah harus mencoba sekian banyak hosting untuk mentukan hosting tersebut berkualitas atau tidak ? lalu bagaimana dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli hosting-hosting tersebut ?

Jawabannya bisa memanfaatkan hosting gratis yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Hosting gratis ini biasanya digunakan sebagai cara untuk tes kualitas hosting sebelum benar-benar melakukan pembelian.

Penting harus dipastikan, memanfaatkan hosting gratis untuk menguji kualitas juga ada syaratnya. Penyedia hosting yang memberikan hosting gratis namun berkualitas pasti tidak akan memberikan hosting gratis selamanya apalagi dengan space dan bandwith besar. Mereka juga tidak akan berani memberikan hosting kualitas rendah karena kepercayaan pelanggan adalah taruhannya. Mereka tidak ingin plenggan kabur setelah menggunakan hosting gratis yang ditawarkan.

Mereka memberikan hosting gratis dengan jangka waktu tertentu atau gratis selamanya dengan space dan bandwith terbatas dengan tujuan bahwa pengguna hosting gratis akan melakukan upgrade atau melakukan perpanjangan.

Jika merekan menawarkan hosting gratis selamanya apalagi dengan space dan bandwith besar harus dijadikan sebuah pertanyaan, dari mana mereka membiayai infrastruktur dan SDM untuk mengelola. Jikapun ada hosting gratis selamanya dan memberikan space bandwith besar maka pasti akan ada kekurangan didalamnya. Misalnya lambat serta ada fitur-fitur tertentu yang tidak bisa digunakan dan pada akhirnya pelanggan disarankan untuk upgrade.