Browser Firefox Kini Lebih Cepat

Setelah beberapa tahun terakhir sepertinya firefox browser berjuang menjadikan browser mereka lebih cepat dan pada update tanggal 05-10-2017 entah mengapa saya sendiri merasa bahwa browser firefox lebih terasa cepat dibanding dengan sebelumnya. Dalam halaman update mereka juga mengatakan bahwa telah meningkatkan performa lebih dari sebeumnya.

Beberapa bulan terakhir browser firefox sudah hampir mau sya tinggalkan karena setiap akses website dan setelah beberapa menit sering lag, semua aplikasi terasa melambat, kipas laptop berputar dengan cepat dan mengeluarkan bunyi tanpa karuan padahal hanya satu browser yang dibuka dengan satu atau dua tab. Spesifikasi laptop yang digunakan Core i3 yang seharusnya masih bisa menjalankan browser sekelas firefox dengan baik.

Tapi walupun begitu saya tidak benar-benar berhenti menggunakan firefox karena ada beberapa fitur yang menurut saya pribadi tidak dimiliki oleh browser lain yaitu master password dan sinkronisasi password di server lebih nyaman.

Untuk browser chrome sampai saat ini mereka belum ada fitur master password bawaan langsung, jikapun ingin menggunakan master password harus menggunakan ekstensi dari pihak ketiga dan cara tersebut paling tidak saya suka. Selain itu di Chrome sepengalaman sya tidak bisa menyimpan password dua akun email secara bersamaan terutama setelah logout. Setelah logout gmail di chrome kemudian login pasti akun gmail yang satunya harus kembali masukan password padahal tidak clear cache dan cookie dan juga sudah dicoba reset ke setingan awal masih tetap harus masukan password setelah logout.

Selain hal diatas masih ada keunggulan Firefox yaitu seputar akses javascript di web. Beberapa website yang terdapat javascript tidak bisa load dengan sempurna, entah karena javascript nya belum di update atau memang browser tidak bisa handle, lain halnya dengan Firefox yang bisa mengatasi hal tersebut dan website bisa tampil dengan sempurna.

Kembali berbicara tentang update Firefox, setelah dibuka beberapa jam masih terasa cepat, tidak lag walupun buka beberapa aplikasi.

Kita lihat bagaimana review yang akan dikeluarkan oleh situs-situs terkenal tentang update ini, situs-situs terkenal sampai saat ini masih menempatkan Browser Chrome di urutan pertama dalam hal kecepatan.