Lift Menuju Luar Angkasa

Lift Menuju Luar Angkasa akan menjadi bangunan tertinggi di Dunia. -
Perusahaan Kanada bernama Thoth Technology merancang sebuah tower setinggi 12 mile atau 20 km dengan jarak pandang 1.000 km jika melihat pemandangan dari atas menara, bahkan secara teoritis dapat dibangun lebih dari 200 kilometer.

Space Elevator image via thothx.com

Diatas menara tersebut juga terdapat landasan untuk take off dan landing pesawat luar angkasa, artinya melalui landasan yang terdapat di menara ini memungkinkan pesawat ulang alik dapat lepas landas secara horizontal berbeda dengan peluncuran pesawat luar angkasa yang biasanya secara vertikal.

Lepas landa pesawat luar angkasa dengan cara horizontal tersebut dapat menghemat penggunaan bahan bakar sebesar 30 persen daripada menggunakan roket yang terikat di badan pesawat ketika meluncur dari Bumi.

Selain untuk keperluan penerbangan luar angkasa menara ini juga bisa menghasilkan energi tenaga angin, untuk komunikasi dan pariwisata.

CEO Thoth Caroline Roberts mengatakan perusahaan berharap dapat membangun prototipe dengan tinggi 1,5 kilometer dalam waktu lima tahun dan bisa mencapai tinggi 20 kilometer selama 10 tahun dengan biaya sekitar 5 milyar USD.

Untuk mengangkut muatan setinggi menara tersebut hampir tidak mungkin menggunakan kabel lift biasa karena sampai saat ini kabel lift yang ada tidak bisa mendukung ketinggian bahkan hanya sampai 1,5 km.

Para ilmuwan telah mengusulkan membuat kabel lift yang sangat kuat menggunakan teknologi baru berbahan nanotube karbon tetapi menurut Ben Quine seorang kepala kantor teknologi di Thoth Teknologi dan profesor teknik ruang di York University di Toronto. (Thoth Teknologi) "membuat kabel dari nanotube karbon kemungkinana tidak dapat dibuat ketika belum dinilai untuk penggunaan manusia"

Salah satu kemungkinan adalah membuat "self-climbing" lift dengan cakar melekat pada tower dengan roda dibawahnya yang mencapai tiga perempat jalan di sekitar menara sehingga memungkinkan lift berjalan spiral di sekitar luar menara.

"Preferensi saya pasti akan di luar karena Anda akan mendapatkan pandangan," kata Quine. namun "Para insinyur keselamatan akan menginginkannya di dalam."

Jika jadi dibangun maka dengan ketinggian tersebut menara Thoth ini akan menjadi bangunan tertinggi di dunia mengalahkan bangunan tertinggi Burj Khalifa setinggi 830 meter yang ada di Dubai.

Source :
- technewsworld.com 12-Mile-High Tower May Launch Spacecraft Horizontally
- cbc.ca Space elevator with inflatable tower patented by Thoth Technology