Tips Backup Data

Tips Backup Data - Mengapa backup data sangat penting ? untuk sebagian orang data yang ada di komputer atau perangkat sejenis bahkan lebih penting atau lebih mahal harganya dibanding harga perangkat itu sendiri.

Penyebab hilangnya data bisa karena berbagai hal, bisa disebabakan karena virus, kerusakan perangkat, pencurian atau bahkan bisa karena kesalahan pengguna yang tidak sadar menghapus secara data secara permanen.

Tidak dapat dielakan lagi jika semua data tersebut hanya disimpan disatu perangkat saja maka dapat dipastikan semua data akan hilang tak pernah bisa didapatkan kembali. Melihat hal tersebut melakukan backup data diluar perangkat yang digunakan sangatlah penting sekalipun data yang Anda miliki di perangkat utama benar-benar hilang tanpa jejak.
"Google Drive logo" by Source (WP:NFCC#4). Licensed under Fair use via Wikipedia.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk backup data

1. Bakcup data menggunakan external harddisk, banyak jenis external harddisk yang bisa digunakan, mulai dari kapasitas kecil sampai besar dan harganyapun sudah terbilang cukup murah.

2. Backup melalui CD, Anda bisa melakukan backup data melalui CD, DVD ataupun Blu-ray Dic. Kapasitas penyimpanan DVD dan Blu-ray Disc lumayan besar untuk data berbentuk teks. DVD memiliki kapastias 4.7 Gbyte sedangkan Blu-ray Disc 25 Gbyte.

3. Menggunakan Flash Drive, Flash Drive seperti USB Flash Drive bisa dijadikan pertimbangan untuk backup data sesuai besaran data yang dimiliki, lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana.

4. Bakup data melalui Cloud Backup storage, Cloud Backup kini menjadi tren dalam hal backup data. Backup data melalui layanan cloud backup bisa dikatakan paling peraktis, Anda hampir tidak memerlukan perangkat tambahan lain cukup dengan upload dan download melalui internet untuk mengambil atau menyimpan data. Disisi lain keamanan data di cloud backup kini sudah cukup terjamin seiring teknologi keamanan yang terus dikembangkan.

Contoh cloud backup storage :
  • Google Drive
  • OneDrive dari Microsoft
  • Dropbox
  • Ubuntu One
  • Crashplan
  • Carbonite
  • Backblaze
dan masih banyak lagi layanan cloud storage lainnya.

Bagaimana dengan keamanan dari masing-masing cara backup diatas, dari sisi keamanan hampir semua jenis backup memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing misalnya saja menggunakan backup melalui perangkat lain seperti external harddisk, CD, dan flash drive bisa jadi lebih aman karena perangkat backup tersebut Anda pegang sendiri namun bisa saja dicuri atau disisi lain tidak peraktis karena perangkat backup tersebut harus dibawa-bawa setiap Anda pergi. Kemudian jika perangkat tersebut rusak maka data juga hilang padahal data tersebut adalah data backup terkecuali Anda memiliki perangkat backup lainnya.

Sedangkan menggunakan cloud backup dari sisi keamanan rentan terhadap hacker namun kembali kepada kualitas penydia layanan cloud storage tersebut tetapi dari sisi efisiensi menggunakan cloud storage lebih efisien karena Anda bisa akses data dimana saja dan kapan saja dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli perangkat keras backup. Jika terjadi kerusakan perangkat maka itu adalah tanggung jawab penydia layanan yang biasanya mereka mencadangkan beberapa perangkat cadangan diluar perangkat utama jadi hampir dapat dipastikan Anda tidak akan kehilangan data.

Saran : Jika menggunakan cloud storage pilihlah penyedia yang sudah terpercaya dan banyak digunakan serta memiliki reputasi yang bagus dengan begitu data Anda akan lebih aman bahkan dibanding menggunakan perangkat tambahan yang Anda miliki sendiri.