Eksperimen Iklan AdSense

Eksperimen Iklan AdSense - Para publisher AdSense pasti ingin mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan dari setiap jenis iklan yang ditayangkan tetapi hal ini bisa terasa sulit jika melihat setiap perubahan hanya berdasarkan total penghasilan secara keseluruhan.

Untungnya AdSense menyediakan fasilitas untuk melakukan pengujian dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan antara tampilan iklan yang sedang berjalan dengan variasi iklan lain, jika tampilan iklan pembanding lebih menghasilkan maka kita bisa memilih format iklan tersebut.

Untuk melakukan Eksperimen tersebut ikuti langkah berikut :
  • Login ke Dashboard AdSense
  • Pilih menu Eksperimen
  • Pada bagian Eksperimen untit iklan pilih Buat
  • Tampilan seperti berikut
Eksperimen Iklan AdSense
  • Nama - Untuk memberi nama Eksperimen
* Variasi

* Asli - Unit iklan, Pilih iklan yang sedang berjalan

* Variasi - Jenis iklan, Berupa pilihan tampilan iklan selain format iklan yang sedang berjalan, silahkan pilih format iklan yang berbeda.

Kemudian pilih tombol Mulai Eksperimen dan akan terlihat laporan statistik antara format iklan asli yang sedang berjalan dengan variasi iklan pembanding, jika ternyata format iklan pembanding statistiknya lebih baik maka silahkan pilih dengan cara klik tombol Pilih yang Asli atau Pilih Variasi di bagian kanan.

Catatan : Pengujian akan lebih terasa jika situs web kita sudah ada pengunjung/banyak pengunjung, jika masih memiliki pengunjung sedikit maka eksperimen ini tidak begitu terasa tetapi pengujian ini layak untuk dicoba.