Apa Saja Tipe-Tipe Game

Apa Saja Tipe-Tipe Game - Sebuah permainan atau sering disebut Game dalam bahasa inggris biasanya dilakukan untuk kesenangan dan kadang-kadang digunakan sebagai alat pendidikan. Game berbeda dengan pekerjaan yang biasanya dilakukan untuk remunerasi dan yang paling sering merupakan ekspresi.

Namun perbedaan ini tidak jelas karena banyak juga Game dianggap sebagai pekerjaan seperti pemain profesional olah raga atau seni seperti puzzle atau permainan yang melibatkan layout artistik seperti Mahjong, solitaire atau beberapa video game.

Komponen kunci dari Game adalah tujuan, aturan, tantangan dan interaksi. Permainan umumnya melibatkan stimulasi mental atau fisik dan sering keduanya. Banyak Game membantu mengembangkan keterampilan praktis, berfungsi sebagai bentuk latihan atau melakukan peran pendidikan, simulational atau psikologis.

A board game impersonating a video game, image by Jamie McCaffrey via Flickr

Game memiliki beberapa tipe yaitu :

Olahraga ( sport games )

Sebuah permainan olahraga yang mensimulasikan praktek olah raga termasuk olahraga tim, atletik, olahraga ekstrim dan olahraga tempur. Beberapa game menekankan benar-benar bermain olahraga seperti seri Madden NFL, permainan sepak bola sedangkan yang lain menekankan strategi dan organisasi seperti Championship Manager atau game balap seperti Need for Speed.

Game Tabletop

Sebuah permainan meja umumnya bermain terbatas dan membutuhkan sedikit aktivitas fisik biasanya hanya menempatkan, mengambil dan memindahkan potongan permainan seperti game kartu, dadu, miniatur game perang, puzzle dan game lain yang bisa dimainkan diatas meja atau permukaan datar.

Game ketangkasan dan koordinasi

Kelas Game ini termasuk permainan melibatkan unsur keterampilan yang berkaitan dengan ketangkasan atau koordinasi mata dan tangan, game ini ada yang bisa dimainkan dengan peralatan sederhana seperti Game jack, sepak bola kertas, jenga dll atau menggunakan peralatan khusus seperti pinball, biliar, hoki dll

Permainan Papan ( Board Games )

Permainan papan pada umunya melibatkan sudut atau potongan dengan memindahkan atau menempatkan pada tanda atau permukaan papan menurut aturan tertentu. Permainan didasarkan pada strategi murni dan kesempatan atau campuran keduanya dan biasanya seorang pemain benar-benar memiliki tujuan. Contoh seperti catur, Cluedo, Tic-tac-toe, Dungeons & Dragons dll

Permainan Kartu ( Card Games )

Sebuah permainan yang menggunakan kartu sebagai perangkat utama ketika permainan dijalankan baik secara tradisional maupun dengan cara tertentu, permainan kartu kebanyakan mempunyai aturan bervariasi tergantung wilayah dan budaya. Contoh seperti poker, remi dll.

Permainan Dadu ( Dice Game )

Permainan Dadu adalah permainan yang menggunakan atau menggabungkan satu atau lebih dadu sebagai komponen tunggal biasanya sebagai perangkat acak. Permainan dadu yang populer seperti Yahtzee, Farkle, bunco, Perudo, dan dadu Poker.

Permainan Domino ( Domino Games ) adalah permainan yang meyambung dari satu domino ke domino lain dengan urutan tertentu, "domino" ubin terkadang disebut dek atau paket. Setiap domino adalah ubin persegi panjang dengan garis yang membagi dua ujung persegi panjang dan setiap akhir ditandai sejumlah titik yang juga disebut pips atau nips dobs

Permainan pensil dan kertas ( Pencil and paper games )

Permainan ini hampir tidak memerlukan peralatan khusus selain menggunakan pensil dan kertas meskipun beberapa game telah dikomersialkan sebagai permainan papan misalnya seperti Scrabble.

Permainan menebak ( Guessing games )

Permainan menebak intinya permainan yang pada awalnya memberikan hanya sepotong informasi dengan tujuan memaksa orang untuk menebak. Chardes mungkin adalah game yang paling terkenal dari jenis game ini dan telah melahirkan varian yang melibatkan aturan berbeda sperti Frase Catch, Taboo, Pictionary dll

Video Game

Adalah permainan yang dikendalikan komputer atau mikroprosesor, komputer dapat menciptakan ruang virtual untuk berbagi jenis permainan. Beberapa jenis video game mensimulasikan objek permainan konvensional seperti kartu atau dadu sementara video game lain mensimulasikan realitas atau fantasi dalam desainnya.

Sebuah video game menggunakan satu atau lebih perangkat input seperti keyboard, joystick, mouse, trackball atau alat gerak yang sensitif.

Kini sudah banyak sekali permainan video game yang sudah sangat modern dengan tampilan yang hampir mendekati realita.

Game Online

Adalah permainan yang dimainkan bersama di jaringan komputer, biasanya menggunakan internet atau teknologi setara. Perluasan game online telah mencerminkan secara keseluruhan perluasan jaringa komputer dari jaringan lokal ke internet, game online menampilkan lingkungan yang kompleks atau bisa juga sederhana di dunia maya yang dimainkan banyak pemain secara bersamaan.Seperti MMORPG, MMORTS, MMOFPS, MMOSG

Role-playing games

Sering disingkat sebagai RPG adalah jenis permainan dimana peserta bertindak memerankan karakter fiksi. Bersama-sama mereka para pemain dapat berkolaborasi pada sebuah serita yang melibatkan karakter-karakter tertentu.

Di dalam jenis permainan ini ada yang disebut dengan GM atau wasit yang biasanya memutuskan dan mengatur layaknya bertindak seperti wasit.

Permainan Bisnis

Permainan ini dapat mengambil berbagai bentuk seperti permainan papan interaktif yang melibatkan alat peraga berbeda seperti bola, tali, hoops dll. Tujuan permainan ini untuk kinerja organisasi yang dapat menghasilkan diskusi tentang peningkatan bisnis, beberapa diantaranya berupa simulsai komputer. Team building adalah fokus umum permainan ini.

Permainan simulasi ( simulation games )

Game silmulasi menggambarkan dan dirancang untuk mensimulasikan aspek realitas nyata ataupun fiksi. Sebuah permainan simulasi mencoba untuk menyalin kegiatan dari kehidupan nyata kedalam bentuk permainan untuk berbagai keperluan seperti untuk analisis, pelatihan dan prediksi. Contoh seperti game simulasi pesawat, kereta api, mobil, bus dll

Sumber : Wikipedia