Apa Itu Meningitis dan Penyebabnya

Apa Itu Meningitis dan Penyebabnya - Meningitis adalah peradangan akut pada selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang, yang dikenal secara kolektif sebagai meningen. Peradangan mungkin disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya, walaupun jarang disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Meningitis dapat mengancam jiwa karena peradangan yang dekat dengan otak dan sumsum tulang belakang. Oleh karena itu kondisi ini diklasifikasikan sebagai darurat medis.

"Meningitis Histopathology" by Marvin 101 - Own work. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

Gejala yang paling umum dari meningitis adalah sakit kepala dan leher kaku disertai demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah, dan ketidakmampuan untuk mentolerir cahaya (photophobia) atau suara keras (phonophobia). Anak-anak sering menunjukkan gejala nonspesifik, seperti mudah marah dan mengantuk.

Pada orang dewasa, gejala yang paling umum dari meningitis adalah sakit kepala parah, terjadi pada hampir 90% kasus meningitis bakteri, diikuti oleh kaku kuduk (ketidakmampuan untuk melenturkan leher ke depan karena meningkatnya tonus otot leher dan kekakuan).

Sedangkan pada Anak-anak kecil sering tidak menunjukkan gejala tersebut, hanya bisa marah dan terlihat sehat. Ciri lain yang membedakan meningitis dari penyakit lain yang tidak berbahaya pada anak adalah nyeri kaki, kaki-tangan yang dingin, dan warna kulit tidak normal.

Meningitis biasanya disebabkan oleh infeksi mikroorganisme. Sebagian besar infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan protozoa menjadi penyebab paling umum berikutnya dan juga bisa dari berbagai penyebab non-infeksi.

Untuk beberapa kasus meningitis, perlindungan jangka panjang dapat diberikan melalui vaksinasi, atau dalam jangka pendek dengan antibiotik. Beberapa langkah perilaku mungkin juga efektif.

Sumber : Wikipedia