Persiapan Menjelang Masa Tua Melalui Media Online, Mungkinkah ?

infosagala.com
Persiapan menjelang masa tua tidak hanya bisa dipersiapkan ketika mendekati masanya tetapi tentu harus dipersiapkan dan dibangun dari masa sekarang sedini mungkin bagi kita yang masih ada dalam usia muda.

yang Saya maksud dari persiapan ini adalah dari sisi materi selain tentu ada kondisi lain yang tidak kalah lebih penting untuk menjalani masa tua kelak.

Ketika masa tua dijalani sudah pasti semua orang ingin berada dalam kondisi sesuai harapan dimana mungkin semua kebutuhan bisa terpenuhi baik kebutuhan jasmani dan rohani tetapi tidak dapat dipungkiri ada sebagian orang tua yang sampai masa tuanya masih disibukan mengurusi anak-anaknya ketika anak-anaknya belum berkecukupan secara materi.

Mungkin masih banyak seoarang anak masih memerlukan materi dari orang tua bahkan setelah usianya lebih dari 25 tahun yang padahal dalam usia ini seyogyanya seorang anak sudah bisa menghidupi dirinya sendiri bahkan sudah harus bisa memenuhi kebutuhan orang tua dan keluarganya secara cukup.

Bahagialah bagi orang tua dan anak-anaknya yang tidak mengalami kondisi diatas tetapi bagi orang tua dan anak yang tidak mengalami kebahagiaan tersebut maka saat nya kini untuk seorang anak mempersiapkan masa tua mereka nanti dari sekarang dengan mempunyai sebuah kegiatan/pekerjaan/usaha yang tetap bisa dikerjakan walaupun umur yang secara fisik sudah tidak bisa mengerjakan pekerjaan anak-anak muda.

Sebuah kegiatan yang menurut Saya bisa dilakukan dimasa tua adalah menjadi seorang penulis dimana menulis ini tidak hanya menulis begitu saja tetapi menulis yang dijadikan sebuah hobi bahkan profesi dimana hobi dan profesi ini bisa menghasilkan secara materi.

Bagaimana dengan menulis bisa jadi menghasilkan secara materi ? ini berkaitan dengan teknologi yang berkembang sekarang yaitu teknologi media online. dengan memanfaatkan media online kita bisa menulis sesuai keahlian kita dan membagikannya dengan orang lain dengan cara menuangkan nya di dalam sebuah situs web.

Lalu bagaimana kaitannya dengan menulis yang menghasilkan ? kaitannya yaitu dengan menjadi seorang publisher atau dengan cara menyediakan tempat untuk iklan.

" Ini adalah sebuah alternatif "

Lihat juga Google AdSense Success stories

Program ini gratis tidak membayar sepeserpun, tidaka ada biaya pendaftaran dll.

Salah satu media untuk menjadi publisher iklan terpercaya yaitu dengan mengikuti program Google AdSense, Apa itu Google AdSense ? detailnya bisa diihat langsung di situs Google AdSense, secara pendek kata Google AdSense seperti dikutip dari id.wikipedia.org yaitu :

" AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. "

Perlu diperhatikan ! Google AdSense bukan sebuah program ajak mengajak ( member get member ) orang lain untuk bergabung, tidak ada link referral, tidak ada komisi antar member dll. Google AdSense bekerja sama dengan pemiliki situs web untuk menampilkan iklan dari pemasang iklan yang memasang iklan di Google. Anda bekerja maka Anda mendapat hasilnya sendiri.

Alurnya sebagai berikut : Advertiser ( pengiklan ) sebuah perusahaan atau perorangan yang memiliki produk ataupun jasa melakukan promosi di media online/internet melalui Google kemudian Google tidak hanya saja menayangkan iklan di halaman hasil pencarian Google saja tetapi Google juga memerlukan dan menayangkan iklan preusahaan yang beriklan melalui mereka di partner-partner Google yaitu di situs-situs web yang sudah memenuhi kriteria menurut Google untuk menayangkan iklan.

Pemilik situs web yang menayangkan iklan Google ini disebut publisher yaitu yang berhasil diterima dan disetujui oleh Google untuk menayangkan iklan dari perusahaan atau perorangan melalui Google.

Mungkin Anda sering mengunjungi situs web untuk mencari informasi dan terlihat ada iklan di situs web tersebut yang mana bisa jadi iklan tersebut adalah iklan dari Google.

Lalu pendapatannya dari mana ? pendapatan yang diperoleh publisher dari setiap pengunjung web yang melihat iklan google yang tayang di situs web mereka dan dibayar dari setiap klik iklan, iklan yang muncul akan disesuaikan dengan tulisan yang ada di situs web tersbut. Perhitungan dan hal lain yang bersangkutan bisa dilihat langsung di situs Google AdSense.

Google membayar publisher/penayang setelah pendapatan mencapai minimal USD 100 dan dibayarkan melalui WU ( western union ) atau melalui bank langsung.

Berikut adalah contoh pembayaran yang telah Saya terima dari Google AdSense melalui WU, tidak besar memang, jika dirupiahkan sekitar Rp. 1, 2jt tetapi kembali ini sebagain cara untuk jangka panjang dan akan membesar seiring waktu.

Bukti pembayaran google AdSense
Pembayaran google AdSense ( sebagian keterangan tidak untuk konsumsi publik )
Syarat-syarat secara umum untuk mengikuti program Google AdSense sebagai berikut :
  • Buatlah satu atau beberapa situs web atau blog
  • Isi situs web tersebut dengan tulisan dan konten sejenis ( tulisan ini berupa tulisan asli buatan sendiri bukan copy paste, bukan tulisan yang mengandung unsur SARA dll, jikapun ada tulisan hasil dari pemikiran orang lain maka harus secara jelas menyebutkan sumbernya )
Konten situs web bisa dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris, konten dalam bahasa Inggris lebih disarankan untuk menjangkau seluruh pembaca secara luas ke semua negara.
  • Untuk konten bahasa Indonesia setidaknya umur situs web sudah berumur 6 bulan, jadi Anda harus rajin menulis bahkan sebelum mendapatkan hasil apapun harus tetap konsisten menulis.
  • Setelah situs web tayang selama enam bulan silahkan daftarkan untuk mengikuti program AdSense. Gunakan nama asli dan alamat jelas karena sebelum iklan tayang akan ada surat ke alamat Anda untuk verifikasi kebenaran alamat bahkan dalam kondisi tertentu kita akan diminta upload KTP
  • Situs web yang Anda daftarkan akan di review oleh Google sekitar 2 minggu dan jika layak maka Google akan menerima dan Anda diberikan kode iklan di situs web yang akan otomatis menayangkn iklan. Saya sendiri dalam 2 minggu sudah diterima oleh google AdSense.
Setelah iklan tayang maka kita tinggal terus meningkatkan kunjungan ke situs web dengan cara memuat informasi-informasi supaya ketika para pencari di internet mencari sesuatu dapat menemukan halaman situs web yang kita kelola. ( buatlah konten website seusuai kehalian dan informasi yang Anda ketahui )

Kenapa ini bagus untuk masa tua ? selain tidak menyita waktu, penghasilan dari Google AdSense ini bisa tidak terbatas dan menjalaninyapun tidak sulit jika kita bangun dari sedini mungkin disaat kondisi kita masih kuat untuk mengembangkan dan mengelola sebuah media, Saya rasa jika kita memulai di usia muda maka pada masa tua nanti sudah tinggal menikmati hasilnya.

Mungkin pada awal membangun sama sekali tidak menerima apa-apa, rasanya dalam berbulan-bulan atau bahkan dalam tahun pertama tidak menghasilkan apa-apa namun perlu diingat bahwa tujuan yang ingin kita capai adalah tujuan jangka panjang.

Saya sendiri mengangap mengikuti program Google AdSense ini sebagai sebuah ivestasi masa tua yang masih bisa dikerjakan dan tetap menghasilkan.

Baca juga :



Kenapa Google AdSense lebih baik

Google AdSense Success stories

Penting! diharuskan untuk membaca dan memahami terlebih dahulu secara menyeluruh tentang Persyaratan dan Ketentuan serta Kebijakan Program AdSense 

Kesimpulan : Jika kita tidak punya modal besar mengembangkan sesuatu untuk jangka waktu yang panjang, masih banyak cara lain yang bisa ditempuh yaitu salah satu caranya dengan membuat sesuatu menjadi hobi dan hobi ini jika diihat dalam jangka panjang kedepan tidak akan surut.

Jika ingin membuat sesuatu yang berbeda dan luar biasa maka buatlah sesuatu hal yang mungkin tidak biasa bagi orang lain, jalani secara konssiten karena kita semua tahu bahwa untuk membangun sesuatu tidak bisa dijalani dengan mudah dan menghasilkan dalam waktu sekejap.