Revolusi Digital dan Perkembangannya

Pengertian revolusi digital adalah perubahan teknologi analog ke digital baik teknologi mekanik maupun elektronik dan secara mendasar ditemukan sekitar tahun 1980 dipicu pertama kali sebuah generasi tahun 80-an melalui revolusi Industri dan revolusi pertanian termasuk komunikasi.

Dalam komunikasi misalnya dapat memperkuat dan menyebarkan sinyal digital tanpa kehilangan informasi dalam sinyal, sama pentingya dengan kemapuan yang bisa dengan mudah memindahkan informasi digital antar media untuk mengakses dan mendistribusikan secara jarak jaun.

Revolusi digital
Contoh revolusi digital dari mesin ketik (zaman dahulu) menjadi laptop (sekarang)
By Marfia Adlina (Own work) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons

Perkembangan Teknologi digital :
  • Semua yang berkaitan dengan komputer, pada awalnya merupakan bentuk mesin tanpa tenaga listrik dan barulah pada tahun 1940 era komputer elektrik dimulai dan pada tahun 1980-an masyarakat menjadi akrab dengan komputer elektrik.
  • World Wide Web ( WWW )
Bermula di kota Geneva dektat perbatasan Swiss dan Prancis di European Laboratory for Particle Physics ( dikenal dengan nama CERN) merupakan organisasi yang didirikan oelah 18 negara Eropa.
  • Lahirnya Ponsel
Ponsel pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper pada tahun 1973, ponsel pertama kali memiliki berat 2 kg.
  • Situs jejaring sosial
Situs jejaring sosial atau juga sering diebut dengan media sosial petama kali lahir pada tahun 1997 dan mulai dikenal tahun 2000-an dengan munculnya Friendster kemudian MySpace, Facebook dan Twitter pada tahun 2005

Revolusi digital dalam satu sisi sangat membantu kahidupan dan cara pandang manusia terhadap hampir dalam segala hal semua yang dikerjakan manusia, pengaruh revolusi digital ini tidak hanya efek positif namun juga mempunyai efek negatif ketika teknologi ini tidak dipergunakan secara baik dan benar.

Referensi : Wikipedia Revolusi Digital