Hewan Pertama yang Mengorbit Bumi

Tahukah Anda hewan yang pertama kali megorbit bumi ? hewan pertama kali mengorbit bumi adalah seekor anjing yang diberi nama Laika asal Rusia, Laika mengorbit Bumi pada bulan november 1957 menggunakan pesawat luar angkasa milik Uni Soviet Sputnik II dengan tujuan riset karena pada masa itu teknologi luar angakasa belum berkembang dan manusia percaya tidak akan ada mahluk hidup yang bisa bertahan pada peluncuran maupun kondisi luar angkasa sehingga Laika menjadi awal penerbangan mahluk hidup ke luar angkasa.

Pada penerbangan itu Laika tewas dikarenakan oksigen nya habis namun pada tahun 2002 diketahui penyebab pasti kemtian Laika bukan karena oksigen habis namun dikarenakan terlalu panasnya suhu disebabkan gagalnya R-7 sebagai pusat penopang pemisah diri dan muatan.

Namun demikian penerbangan ini membuktikan bahwa setidaknya makhul hidup atau organisme bisa melalui tahap peluncuran dan mengorbit serta bisa merasakan keadaan tanpa beban.

Pada tahun 2008 pemerintah Rusia membangun sebuah Monumen kecil untuk menghormati Laika, Monumen tersebut diletakan di dekat penelitian militer di Moskowa, Monumen itu menggambarkan sosok seeokr anjing yang sedang menaiki roket.

Hewan Pertama yang Mengorbit Bumi
Laika sedang mengenakan pakaian penerbangan untuk misinya
image : wikipedia


Nama lain : Kudryavka; Zhuchka; Limonchik

Spesies : Canis lupus familiaris

Jenis kelamin : Betina

Lahir : 1954 Moskwa, Uni Soviet

Mati : 3 November 1957

Asal negara : Uni Soviet

Dikenal karena Binatang pertama yang mengorbit Bumi

Sumber : Laika , Wikipedia