Pengertian Puasa Ramadhan

Kata puasa berasal dari Bahasa Arab “Shiyam atau shaum” yang bermakna menahan diri sepanjang hari dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari dimana ketika berpuasa dilarang makanan, minuman, merokok, berhubungan intim serta melakukan segala sesuatu yang menyebabkan batalnya puasa.

Selama Ramadan, umat Islam juga diharapkan untuk lebih berupaya mengikuti ajaran Islam dengan menahan diri dari kekerasan, kemarahan, iri hati, keserakahan, nafsu, marah / balas menyindir, gosip, dimaksudkan untuk bergaul dengan baik satu sama lain. Muslim harus berlatih kontrol diri dan fokus pada doa dan pengabdian.

Jadwal puasa bulan Ramadhan biasanya mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat namun demikian ada bagian-bagian penting dalam bulan Ramadhan yang tidak ada di bulan-bulan biasanya.

Sahur : yaitu kegiatan makan dan minum atau yang sejenisnya pada waktu sebelum terbit fajar atau biasanya sebelum imsak menjelan adzan subuh, hukum sahur adalah sunnah dimana yang menjalankannya mendapat pahala dan yang tidak menjalankannya tidak mendapat apa-apa.

Iftar : yaitu makan malam atau berbuka puasa pada saat matahari terbenam tepat pada saat adzan maghrib sebelum shalat Maghrib selama bulan Ramadhan. Pertemaun sosial sering terjadi ketika berbuka puasa misalnya seperti berbuka puasa di Mesjid, berbuka puasa dalam gaya prasmanan dll, ketik buka puasa hidangan tradisional sering di tonjolkan khususnya makanan tradisional yang ada hanya selama bulan ramadhan.

Di Timur Tengah makanan buka puasa terdiri dari air, jus, salad sebagai makanan pembuka dan satu atau lebih hidangan makanan utama dan berbagai jenis makanan penutup. Biasanya makanan penutup adalah bagian paling penting selama berbuka puasa.

Hidangan utama yang paling khas adalah domba direbus dengan gandum, kebab domba dengan panggang sayuran, atau ayam panggang disajikan dengan nasi pilaf bertabur kacang.

Sholat Tarawih : adalah kegiatan ekstra yang dilakuan oleh umat islam pada malam biasanya dilakukan setelah shilat isya diiringi dengan doa-doa serta dakwah, di Indonesia sendiri jumlah sholat tarawih terdapat dua yaitu Tarawih dengan jumlah 11 dan 23 Raka’at.

Malam Lailatul Qadar : atau Lailat Al-Qadar (malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi di bulan Ramadan, dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. malam Lailatul Qadar juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Qur'an. Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al-Qadar, surat ke-97 dalam Al Qur'an.

Puasa bulan Ramadhan merupakan suatu tindakan besar yang dapat membersihkan seseorang baik dari kotoran fisik maupun batin.


Image courtesy of rahhal / FreeDigitalPhotos.net