Cara Konfigurasi Iklan di Google AdWords

Pasang iklan di Google yaitu layanan Google AdWords pada intinya ada tiga kondisi yang bisa Anda lakukan, mengetahui ini terutama bagi yang baru pertama kali pasang iklan di Google AdWords sangatlah penting supaya bisa mengetahui darimana langkah yang harus dimulai.

Image courtesy of Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.net

Pertama menggunakan layanan jasa pasang iklan Google AdWord dimana Anda hanya menyiapkan kata kunci atau kalimat iklan saja kemudian tentu siapkan dananya selanjutnya tinggal serahkan kepada penyedia iklan Google AdWord untuk proses konfigurasi, pembayaran ke Google dan lainnya.

Kedua Anda konfigurasi iklan sendiri dari mulai membuat kampanye iklan, pembatasan dana harian, penempatan iklan apakah hanya muncul di pencarian Google atau di mitra Google dll sedangkan untuk deposit menggunakan pihak lain untuk mengisi saldo iklan, caranya menghubungi penyedia jasa deposit atau isi saldo Google AdWords, setelah dana di berikan ke penyedia isi saldo AdWord kemudian saldo AdWords Anda akan mereka isi dan iklan tinggal Anda jalankan.

Ketiga semuanya Anda lakukan sendiri dari mulai konfigurasi iklan, pembuatan kampanye dll serta isi saldo dilakukan sendiri dengan cara membayar atau transfer langsung ke Google biasanya jika ingin cepat dan mudah gunakanlah kartu kredit.

Berikut langkah-langkah konfigurasi iklan di Google AdWord, konfigurasi ini bisa dilakuan setelah saldo AdWord diisi ataupun sebelumnya.
  • Login dengan akun gmail kemudian buat akun Google AdWords baru, jika tampilan halaman AdWords masih menggunakan bahasa Inggris dan ingin merubahnya menjadi bahasa Indonesia klik gambar roda disudut kanan atas pilih Account settings - Preferences - Language and number preferences - klik Edit dan ganti menjadi bahasa Indonesia, sesuaikan juga Zona waktu dll.
  • Selanjutnya klik menu Kampanye atau Buat Kampanye Pertama jika baru pertama kali.
  • Berikan nama kampanye, sesuaikan dengan jenis iklan supaya nanti mudah dicari jika nantinya pasang banyak jenis iklan.
  • Jenis, ini dibagi menjadi beberapa bagian yang intinya apakah Iklan ingin ditampilkan di penelusuran Google saja atau iklan ingin tampil di mitra Google seperti web-web publisher ( penayang iklan )
- Jaringan Penelusuran dengan Display Select, artinya iklanpenelusuran atau display ditampilkan di penelusuran Google dan di penelusuran web-web publisher ( penayang iklan )

- Hanya jaringan penelusuran artinye iklan hanya tampil di penelusuran Google dan penelusuran mitra Google, apa bedanya dengan penelusuran diatas, dikarenakan penelusuran mitra tidak selalu ada dalam sebuah web, bisa jadi mitra penelusuran hanya membuat halaman penelusuran Google saja tanpa memuat konten lain.

- Hanya di Display Network, artinya iklan akan tampil misalnya hanya di web atau blog mitra Google, jadi iklan tidak tampil langsung di hasil penelusuran Google melainkan di web publisher.

- Iklan Cantuman Produk, Jenis kampanye ini dilengkapi dengan alat baru yang memungkinkan Anda mengatur dan mempromosikan inventaris produk menggunakan Iklan Cantuman Produk secara intuitif.

- Video Online, untuk iklan Video dan iklan di Video

-- Standar, untuk iklan teks yang menargetkan keyword.
-- Semua fitur, semua pilihan tersedia untuk pencarian iklan termasuk jaringan dan display.
  • Jaringan, disini kembali pakah ingin ditampilkan di Google atau di jaringan mitra Google.
  • Perangkat, Iklan akan tampil di semua perangkat yang layak secara default.
  • Lokasi, apakah iklan hanya tampil dipencarian negara/lokasi tertentu atau di semua lokasi, jika ingin mentargetkan Indonesia maka tentukan Negara Indonesia.
  • Strategi penawaran, jika ingin lebih cepat dan mudah maka gunakan otomatis dalam artian Google akan menerapkan tawaran sesuai anggaran karena dalam iklan posisi paling sering dilihat atau tidak tergantung tawaran, misal iklan Anda produk baju dimana tawaran pengiklan lain untuk satu kali klik adalah Rp. 5000,- sedangkan tawaran Anda dibuat manual yaitu satu klik Rp. 1000,- maka iklan Anda tidak akan lebih sering dilihat dibanding iklan yang menawarkan harga per kliknya Rp. 5000,-
  • Anggaran, artinya berapa anggaran maksimum harian yang ingin dihabiskan, misal dalam analisa keyword diketahui rata-rata klik untuk yang berkaitan dengan produk Anda adalah Rp. 10.000,- maka penentuan batas harian harus lebih dari Rp. 10.000,- gunakan alat perencana kata kunci di menu atas untuk memudahkan mengetahui rata-rata biaya klik.
Walupun dana Anda Rp. 1.000.000,- jika perhari Rp. 100.000,- maka dana yang dihabiskan perhari tidak akan lebih dari Rp. 100.000,-
  • Ekstensi iklan, Bagian Lokasi dan Telepon pasti mudah dipahami sedangkan untuk Sitelinks artinya mencantumkan iklan ke link lain di halaman Web.
Setelah semuanya selesai klik Simpan dan Lanjutkan, tentu saja iklan tidak akan tayang jika saldo belum terisi.

Untuk pengisian saldo seperti yang diterangkan diatas apakah melalui mitra Google yang menyediakan jasa pengisian saldo Google AdWords atau Anda yang transfer Sendiri, jika ingin transfer sendiri silahkan klik gambar roda dibagian kanan atas kemudian pilih penagihan, silahkan tentukan jenis pembayaran bisa Anda lakukan sebaiknya gunakan pembayaran melalalui kartu kredit.