Cara Enkripsi File Cepat, Mudah dan Aman

Enkripsi adalah proses mengamankan suatu data atau file informasi sehingga tidak bisa dibaca tanpa pengetahuan khusus, file yang di enkripsi biasanya berupa file penting namun demikian file apa saja pada dasarnya bisa di enkripsi.

Dulu melakukan enkripsi file cukup rumit dilakukan dan biasanya hanya dilakukan perusahaan-perusahaan seperti perbankan dan lembaga pemerintahan atau individu-individu yang memiliki kepentingan sangat rahasia.

Tetapi kini hal tersbut sudah tidak berlaku lagi dimana siapa saja bisa melakukan enkripsi file dengan cepat dan mudah menggunakan software tertentu bahkan berbasis GUI yang mudah digunakan bagi yang awam sekalipun.

Salah satu software untuk enkripsi adalah SafeHouse Explorer, berikut adalah cara penggunaannya.

* Download file SafeHouse Explorer sampai saat ini SafeHouse Explorer masih bersifat free

* Lakukan instalasi seperti install software pada umumnya.

* Sebelum membuat volume baru sebaiknya membuat folder baru terlebih dahulu untuk menympan file yang nantinya akan di enkripsi.

* Buka software SafeHouse Explorer yang telah di install dan klik New Volume, tampilan software SafeHouse Explorer seperti gambar berikut.



* Pilih folder tempat menyimpan file enkripsi dan beri nama file.

* SafeHouse Explorer ini nantinya berupa drive baru, maka tentukan besaran space yang diinginkan untuk file-file yang akan disimpan.



* Buat password baru ( ingat, password ini tidak bisa di recovery atau dipulihkan jadi ingat-ingat password yang telah dibuat )



* Kemudian klik Create Volume,setelah selesai klik Finish.



* Untuk mengujinya silahkan close terlebih dahulu SafeHouse Explorer kemudian buka di Windows explorer file image enkripsi yang tadi telah dibuat, masukan username dan password.



* Setelah drive baru muncul silahkan isi dengan data yang diinginkan.

Catatan : Gunakan password yang kuat karena jikapun di enkripsi tapi password mudah ditebak maka tidak akan ada artinya.

Lihat video cara enkripsi file menggunakan SafeHouse Explorer