Tutorial Singkat Auto Pilot Microsoft Flight Simulator ( FSX )

Tutorial Singkat Auto Pilot Microsoft Flight Simulator,- Salah satu teknologi yang terdapat dalam pesawat modern adalah adanya Auto Pilot dimana memungkinkan para Pilot dapat mengendalikan pesawat secara otomatis dan lebih mudah dengan begitu pekerjaan Pilot menjadi lebih terbantu dan juga keakuratan yang terdapat dalam teknologi Auto Pilot dalam satu sisi lebih akurat dibandingkan dengan penerbangan manual.

Selama Auto Pilot berfungsi dengan normal maka ini bisa diandalkan terutama ketika kondisi Pilot sedang tidak dalam keadaan prima.

dalam permainan simulator pesawat terbang yang sering Saya mainkan terdapat fungsi Auto Pilot yang cukup penting yaitu dalam hal penentuan ketinggian, arah derajat pesawat dan kecepatan.

Mari kita bahas satu persatu, kita bahas secara sederhana saja supaya permainan dapat dimainkan dengan enjoy, tidak perlu rumit-rumit toh ini bukan sekolah penerbangan :)

Berikut adalah fungsi Auto Pilot di pesawat Boeing 737 800 yang sering Saya mainkan, Cara mengaktifkan bisa dengan cara klik menggunakan mouse seperti gambar dibawah atau menggunakan keyboard.


Auto Pilot Boeing 737 800 ( AP aktif ditandai dengan lampu warna hijau )
  • Keyboard Z untuk mengaktifkan fungsi Auto Pilot utama.
  • CTRL + Z untuk mengaktifkan Altitude ( ketinggian pesawat ), CTRL + SHIFT + Z kemudian keyboard ( - ) atau ( + ) untuk menambah atau mengurangi nilai ketinggian.
  • CTRL + H untuk mengaktifkan Heading ( arah pesawat ), CTRL + SHIFT + H kemudian keyboard ( - ) atau ( + ) untuk menambah atau mengurangi nilai drajat arah.
  • CTRL + R untuk mengaktifkan kecepatan ( throttle ), CTRL + SHIFT + R kemudian keyboard ( - ) atau ( + ) untuk menambah atau mengurangi nilai kecepatan. Supaya auto pilot kecepatan berfungsi maka Auto Throttle harus dalam posisi ON seperti gambar diatas.
Cara menggunakan :

Setelah pesawat Take OFF dan sudah berada di ketinggian tertentu serta pesawat dirasa cukup stabil silahkan tekan Z kemudian tekan CTRL + Z untuk ketinggian, CTRL + H untuk arah dan CTRL + R untuk kecepatan kemudian tentukan nilai dari masing-masing menggunakan CTRL + SHIFT  ditambah Z, H atau R seperti dalam poin-poin diatas.

Nilai Auto Pilot ketika diaktifkan akan mengikuti nilai akhir ketika sebelum Auto Pilot diaktifkan.

Perlu diperhatikan bahwa penentuan ketinggian dan arah pesawat mengikuti arahan ATC ( Air Traffic Control ) jadi ikuti arahan ATC supaya Anda tidak kehilangan arah :)

Cara menghubungi ATC seperti pada artikel sebelumnya yaitu Cara Menentukan Arah Penerbangan di Game Microsoft FSX

Setelah Auto Pilot aktif dan semua arahan ATC sudah benar maka tinggak menikmati penerbangan, Pilot bisa makan, minum, melihat-lihat pemandangan dll sambil tetap mendengarkan dari ATC ataupun mendengarkan percakapan pilot di pesawat lain.

Artikel selanjutnya akan kita bahas mengenai landing menggunakan ILS