Pesawat Malaysia Airlines Jatuh

Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines hilang kini menjadi pemberitaan yang cukup hangat di beberbagai media, ramainya pemberitaan ini dikarenakan munculnya beragam spekulasi seperti yang di lansir dari Tempo.com bahwa beragam spekulasi yang muncul adalah mulai dari kesalahan Manusia, faktor cuaca, kesalahan mekanik sampai dugaan adanya tindakan teroris.

Dugaan teroris muncul setelah diketahui bahwa dua orang penumpang pesawat Malaysia Airlines diduga menggunakan Paspor palsu atas nama Christian Kozel dan Luigi Maraldi warga negara Austria dan Italia walaupun otoritas kedua negara tersebut menyatakan bahwa kedua paspor tersebut hilang dari pemilik aslinya beberapa tahun kebelakang.

Image courtesy of digitalart / FreeDigitalPhotos.net

Namun demikin untuk dugaan adanya tindakan teroris seperti yang dikutip dari Tempo.com "Untuk saat ini kami tidak menemukan adanya dugaan tindakan teroris," kata seorang pejabat keamanan intelijen Amerika yang tidak ingin disebutkan namanya, seperti dilansir New York Times, Ahad, 9 Maret 2014. "Kami juga masih menyelidiki soal pencurian paspor itu."

Pesawat Malaysia Airline berangkat dari Kuala Lumpur Malaysia jam 00.55 dan dijadwalkan tiba di Beijing Cina pada jam 06.30 kemudian hilang kontak 2 jam setelah lepas landas, dalam Pesawat Malasia Airline terdapat 239 penumpang dan 12 awak, diantara penumpang tersebut terdiri 160 penumpang warga Cina dan juga ada 7 warga negara Indonesia.

Berikut adalah kronologi hilangnya pesawat Malaysia Airline

Pukul 00.41
Malaysia Airlines (MAS) dengan nomor penerbangan MH370 tinggal landas dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA), dengan 239 orang di atasnya.

Pukul 01.30
Sinyal MH370 menghilang dari radar Departemen Penerbangan Sipil Malaysia. Pesawat juga tak memasuki wilayah udara Cina atau membuat kontak dengan menara pengawas negeri itu.

Pukul 06.40
Pesawat dijadwalkan tiba di Beijing, Cina. Kerabat penumpang yang menjemput mulai cemas.

Pukul 10.15
Pesawat dikabarkan mendarat darurat di Bandara Nanning di Cina Selatan.

Pukul 10.45
MAS mengkonfirmasi pendaratan darurat itu tak benar. MH370 masih dinyatakan hilang.

Pukul 12.00
CEO MAS, Ahmad Jauhari Yahya, menggelar konferensi pers. Ia menyatakan kontak terakhir MH370 pada 120 mil timur Kota Baru, di atas Laut Cina Selatan.

Pukul 12.50
Sinyal pesawat MH370 terdeteksi di Vietnam, namun dibantah Badan SAR Vietnam.

Pukul 13.00
Cina mengirim dua kapal SAR ke Laut Cina Selatan untuk membantu pencarian pesawat itu.

Pukul 13.10
Kedutaan Malaysia di Beijing membuka hotline untuk keluarga penumpang pesawat MH370.

Pukul 13.30
Pemerintah Vietnam mengkonfirmasi pesawat terakhir melakukan kontak di wilayah udara provinsi Ca Mau, meminta ditransfer ke pengawas lalu lintas udara di Ho Chi Minh City. Namun transfer tak pernah terjadi.

Pukul 14.00
Manifes pesawat MH370 diumumkan ke publik.

Pukul 16.20
Pemerintah Vietnam mengumumkan pesawat MH370 hilang di wilayah udara mereka.

Pukul 18.00
Vietnam, Singapura, Filipina, dan Amerika Serikat mengumumkan bergabung dengan Malaysia melakukan operasi pencarian dan penyelamatan.

Pukul 21.00
Laporan menyatakan Departemen Penerbangan Sipil Vietnam mendeteksi dua lokasi tumpahan minyak dalam jumlah besar di dekat pesisir selatan negara itu.

Sumber Kronologi Tempo.co Kronologi Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines