Persiapan Menjelang Persalinan

Ketika memasuki bulan ke 9 kita harus sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk menyabut kedatangan si kecil yang sudah sangat di tunggu-tunggu.

Menjelang persalinan banyak hal yang harus direncanakan dan harus dipersiapkan, selain persiapan fisik juga kita harus mempersiapkan mental. Fisik harus dipersiapkan supaya kuat usahakan makan makanan dengan gizi yang seimbang.

Selain fisik mental juga harus dipersiapkan supaya lebih tenang biasanya menjelang persalinan akan lebih cepat stress karena tegang memikirkan proses persalinan. Supaya lebih tenang lakukan rilektasi dengan menarik napas panjang secara teratur sampai kita merasa lebih santai.

Hal-hal yang harus dipersiapkan menjelang persalinan

1. Tempat Persalinan

Ketika memasuki trimester ke tiga persiapkan tempat untuk melakukan persalinan, apakah di Bidan terdekat, Puskesmas, Klinik bersalin atau Rumah Sakit. Sebaiknya memilih tempat bersalin yang tidak jauh dari tempat tinggal kita untuk mengantisipasi waktu persalinan yang tidak terduga. Konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan tempat kita melakukan pemeriksaan rutin selama kehamilan.

2. Metode Persalinan

Tentukan metode persalinan apakah mau secara normal atau operasi caesar, tetapi kebanyakan ibu menginginkan proses persalinan secara normal akan tetapi kondisi ibu dan janin akan menentukan dalam metode persalinan. Hal ini harus dikonsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan.

3. Tenaga Medis Penolong Persalinan

Tentukan tenaga medis yang akan membantu dalam persalinan apakah bidan atau dokter kandungan. Sebaiknya dibantu oleh tenaga medis yang memantau kehamilan sejak dari awal supaya lebih tau perkembangan ibu dan janin.

4. Menyiapkan Tas Persalinan

Persiapkan keperluan untuk ibu yaitu pakaian ganti yang ada kancing depannya supaya mudah menyusui, pakaian dalam, gurita, pembalut khusus setelah melahirkan, keperluan mandi.

Persiapkan keperluan untuk bayi yaitu baju bayi tangan panjang, baju bayi tangan pendek untuk daleman, popok, pernel, celana bayi, sarung tangan, sarung kaki, ciput bayi, selimut, gendongan, minyak telon, talk bayi, sabun, shampoo, minyak wangi, baby oil.

Siapkan dalam tas jadi ketika mulai terasa ada tanda-tanda mau melahirkan tinggal membawa tas yang sudah disiapkan.

5. Menyiapkan Nama Bayi

Ketika memasuki bulan ke 9 kita harus sudah menyiapkan nama untuk bayi kita, kita bisa mempersiapkan dua nama satu untuk laki-laki satu nama lagi untuk perempuan. Tetapi sekarang kita bisa mengetahui jenis kelamin bayi kita dengan USG jadi kita bisa menentukan nama dari sebelum proses melahirkan.

6. Menyiapkan Perlengkapan Bayi

Perlengkapan yang harus disipkan untuk bayi yaitu baju lengan panjang, baju lengan pendek untuk daleman, popok, pernel, celana bayi, sarung tangan, sarung kaki, ciput, selimut, gendongan, kasur bayi, bantal, guling, minyak telon, minyak wangi, baby oil, shampoo, hair lotion, sabun mandi, lotion badan.

Biasanya pada usia kandungan memasuki 7 bulan harus sudah dipersiapkan semua perlengkapan bayi supaya tenang, karena kadang ada yang melahirkan diluar dari perkiraan.

7. Memahami tanda-tanda melahirkan

Tanda-tanda menjelang melahirkan yaitu Keluar lendir bercampur darah dari vagina, Kontraksi yang jaraknya semakin berdekatan, Pecahnya air ketuban. Jika tanda-tanda tersebut sudah terasa segera pergi ke tempat dimana akan melakukan persalinan.