Cara Menentukan Arah Penerbangan di Game Microsoft FSX

Ketika Anda baru mulai bermain Game Microsoft Flight Simulator atau bahkan game lain yang sejenis maka mengetahui cara menentukan arah tujuan penerbangan sangatlah penting, ini sangat berguna karena bermain game simulator pesawat akan terasa tidak seru dan membosankan jika sudah terbang tetapi tidak ada tujuan yang dituju terutama jika menerbangakan pesawat komersial.

Untuk saat ini menentukan tujuan dan arah penerbangan dalam permainan Microsoft Flight Simulator X ( FSX ) bisa dibilang cukup mudah dimana tidak harus selalu mengikuti ceklist seperti pada penerbangan sebenarnya kecuali jika ingin benar-benar terasa nyata.

Pada dasarnya menetukan arah penerbangan yaitu dengan cara mengeikuti arahan dari ATC atau Air Traffic Control dan membaca instrumen berupa penentuan derajat arah yang biasa disebut Heading dan melihat dari data GPS.

Berikut adalah urutan menentukan arah tujuan dalam game simulator penerbangan khususnya Microsoft Flight Simulator X atau biasa di sebut FSX.

  • Silahkan tentukan tempat keberangkatan ( departure location ) melalui menu flight planner misal dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dan tentukan Destination atau tujuan misal ke Bandara Internasional Soekarno Hatta
  • Pilih Flight Plane Type yang terdapat dua pilihan yaitu :
VFR ( Visual Flight Rules ) dimana arah penerbangan lebih berbentuk ke visual tanpa dipandu secara spesifik oleh ATC dan bisa tanpa menggunakan Auto Pilot, biasanya jenis penerbangan ini untuk tujuan jarak pendek dan untuk pesawat yang tidak memiliki teknologi modern.

IFR ( Instrument Flight Rules ) jenis ini memungkinkan pesawat bisa terbang secara otomatis mengikuti arahan dari ATC, jadi yang dilakukan pilot hanya menentukan nilai derajat melalui Heading yang berkaitan dengan Auto Pilot, fasilitas ini ada dalam pesawat modern, IFR ini memungkinkan untuk penerbangan jaraj jauh supaya pesawat tidak kehilangan arah.

Auto Pilot tidak hanya mengotomatisasi arah pesawat namun juga memungkinkan mengendalikan secara otomatis ketinggian dan kecepatan bahkan auto landing dll.
    • Pilih jenis IFR
Setelah menetukan jenis penerbangan selajutnya pilih Choose Routing, silahkan pilih salah satu, bisa Direct GPS, Low-altitude airways, High-altitude airways atau VOR to VOR.
    • Misalnya pilih Direct GPS
  • Selanjutnya tentukan rute penerbangan dalam menu generate flight plan, antara tempat keberangkatan dan tujuan terdapat garis merah.
  • Kemudian klik save dan ok.
  • Jika belum memilih pesawat silahkan pilih pesawat atau juga bisa tentukan cuaca yang diinginkan, jika ingin mudah silahkan gunakan pesawat sejenis Boeing 737 keatas kemudian klik Fly Now!

Menu penentuan keberangkatan dan tujuan ( Gambar berupa Screenshot dari FSX Game )

Melalui langkah diatas maka Anda sudah mendapatkan arah penerbangan selanjutnya menghubungkan/mengkonfirmasikan rencana penerbangan ke ATC ( menara kontrol penerbangan )
  • Ketika berada dalam cockpit tekan Scroll Lock atau Alt dan di menu pilih Menu views->Air Traffic Control untuk memunculkan ATC Menu
  • Selanjutnya pilih 1. Request IFR Clearance dan ikuti percakapan selanjutnya sampai Cleared for Take off ( didalam percakapan terdapat beberapa piihan seperti Read Back, Request Taxi, penentuan runway dari ATC, Request Take Off Clearance dan Acknowledge for Take off )

ATC Menu di Game FSX ( Gambar berupa Screenshot dari FSX Game )

  • Kemudian jalankan pesawat ( untuk cara menyalakan mesin, penentuan flaps, landing dengan ILS serta pesersiapan lain akan dibahas dalam tuisan selanjutnya )
Jangan take off sebelum ada ijin dari ATC karena jika belum ada ijin maka Anda tidak akan mendapatkan arahan sampai tujuan terutama dalam mode IFR bahkan bisa jadi bertabrakan dengan pesawat lain ketika lalu lintas di Bandara sedang penuh.

Cara diatas tentu hanyalah untuk sebuah permainan komputer yang ditulis sesederhana mungkin bagi Anda yang malas baca panduan yang ada di Game ini yang sangat buanyak banget dan bisa jadi jauh dari yang sebenarnya, tapi jika sudah menguasai keseluruhan secara detail game ini cukup seru :)

Lihat Tutorial Auto Pilot Microsoft Flight Simulator ( FSX )

Lihat Video Cara Menentukan Arah Penerbangan di Game Microsoft FSX

Lihat juga Video Gameplay Full Flight Boeing 737-800 Husein Sastranegara to Soekarno-Hatta intl