Sejarah RFID (Radio Frequency Identification)

Sejarah RFID atau Identifikasi Frekuensi Radio berawal pada tahun 1945 Leon Theremin menemukan alat mata-mata untuk Uni Soviet, alat tersebut dapat memancarkan gelombang radio dengan informasi suara. Gelombang suara bergetar diafragma yang mengubah bentuk resonator, yang kemudian memodulasi frekuensi radio yang terpantul.

Meskipun alat ini bukan label identifikasi tetapi merupakan sebuah alat pendengar rahasia namun dianggap sebagai pendahulu dari teknologi RFID. alat tersebut pasif dan diberi energi dan diaktifkan oleh gelombang dari luar. Teknologi yang digunakan RFID telah ada semenjak awal era 1920 sumber lainnya menyatakan bahwa sistem RFID baru ada sekitar akhir era 1960.

Teknologi yang serupa yaitu transponder IFF yang dikembangkan di Inggris pada tahun1939, kemudian secara rutin digunakan oleh tentara sekutu pada saat Perang Dunia II tujuannya untuk mengidentifikasi pesawat lain apakah sebagai musuh atau teman. Transponder seperti itu masih digunakan sampai sekarang oleh pihak militer dan maskapai penerbangan.

Karya lainnya yang mengeksplorasi RFID yaitu pada tahun 1948 yang ditulis oleh Harry Stockman yang berjudul Komunikasi dengan Menggunakan Tenaga Pantulan atau Communication by Means of Reflected Power, yang terbit di IRE pada Oktober 1948 Halaman 1196-1204, Harry Stockman memperkirakan bahwa ".... riset dan pengembangan yang cukup besar harus dilakukan sebelum masalah dasar yang tersisa dalam komunikasi tenaga pantulan dapat dipecahkan , dan sebelum bidang aplikasi yang berguna dieksplorasi . "

Pada tanggal 23 Januari 1973 perangkat Mario Cardullo dipatenkan sebagai nenek moyang pertama dari RFID modern, yang merupakan sebuah transponder radio pasif dengan memori ingatan. Perangkat awal adalah tenaga pasif dan pengguna potensial lainnya dan terdiri dari transponder dengan memori 16 bit untuk digunakan sebagai alat pembayaran bea didemontrasikan ke Perusahaan Pelabuhan New York pada tahun 1971.

Paten Cardullo meliputi penggunaan frekuensi radio, suara dan cahaya sebagai media transmisi. Rencana bisnis pertama disampaikan kepada investor pada tahun1969 untuk menunjukan penggunaan transportasi ( identifikasi kendaraan otomotif , sistem tol otomatis , plat nomor elektronik , manifest elektronik , rute kendaraan , kendaraan pemantauan kinerja ) , perbankan ( buku cek elektronik , kartu kredit elektronik ) , keamanan ( identifikasi personil , gerbang otomatis , surveillance ) dan medis ( identifikasi , riwayat pasien ).

Sebuah demonstrasi awal kekuasaan tercermin ( modulated backscatter ) tag RFID , baik pasif dan semi- pasif , dilakukan oleh Steven Depp , Alfred Koelle , dan Robert Freyman di Los Alamos National Laboratory pada tahun 1973 . Sistem portabel dioperasikan pada 915 MHz dan digunakan tag 12 - bit . Teknik ini digunakan oleh mayoritas UHFID dan microwave tag RFID saat ini. Paten pertama untuk dihubungkan dengan singkatan RFID diberikan kepada Charles Walton pada tahun 1983 (Paten Amerika Serikat nomor 4,384,288).

 Sumber : wikipedia