Capture Screen di Android Tanpa Root

Cara Capture atau take screenshoot diperuntukan untuk mengambil layar pada sebuah perangkat tanpa menggunakan perangkat lain misalnya mengambil gambar sebuah layar Smartphone menggunakan kamera digital atau Smartphone lain, melakukan hal tersebut tidaklah peraktis selain karena ribet juga hasilnya tidak selalu bagus terutama jika menggunakan blitz karena cahaya blitz akan tampil di layar.

di Android ada beberapa aplikasi yang bisa capture atau mengambil layar tetapi sebelum install aplikasi capture screen ada bebrapa hal yang harus dipertimbangkan. Beberapa atau sebagian besar aplikasi mengharuskan perangkat yang sudah di root agar aplikasinya dapat digunakan atau harus install aplikasi client di PC untuk capture screen.

Namun perangkat Android yang di root atau bisa masuk ke akses utama sistem sangat tidak disarankan terutama bagi Anda yang tidak terbiasa dengan penggunaan OS, hal ini karena perangkat Android yang sudah di root rentan terhadap virus dan ada kemungkinan jika tidak hati-hati bisa menghapus sistem yang bersifat penting sehingga perangkat menjadi error selain itu perangkat yang sudah di root akan kehilangan garansi dan sangat disayangkan jika perangkat Android Anda masih dalam masa garansi.

Setelah penulis mencari sana sini dan mempertimbangakan dari sisi akses root dan kualitas gambar akhirnya menentukan sebuah Aplikasi yang cukup bagus tanpa perlu akses dan mempunyai kualitas gambar tajam serta penggunaannya mudah juga aman berdasarkan anti virus AVG dan Avira, aplikasi tersebut dinamakan Screenshot dari LOVEKARA

Berikut adalah cara capture screen di Android tanpa akses root dan cara penggunaanya :

  • Dowonload aplikasi Secreenshot dari LOVEKARA melalui google playstore

  • Jalankan dan silahkan periksa bagian setting dan lain-lain

Cara capture screen di Android menggunakan aplikasi Screensohot dari Lovekara cukup mudah yaitu dengan cara tekan volume down dan tombol power secara bersmaan selama 2 detik, hasilnya seperti berikut.

Hasil capture screen di Android

Capture screen aplikasi di Android

Hasilnya cukup bagus dan tajam dengan resolusi 480x800 px dan dapat capture ketika menjalankan aplikasi lainnya, perangkat yang digunakan adalah Smartphone Lenovo s880 OS Android Ice Cream.