Tips Memelihara Printer

Tak seorang pun mengininkan printer cepat rusak meskipun ada dana cukup untuk memperbaiki atau membeli printer baru. Di sebuah instansi, printer yang awet tentu akan memperlancar pekerjaan dan akan menghemat biaya khususnya biaya service.

Agar usia printer dapat lebih lama dan kualitas hasil cetak tetap terjaga, maka printer tersebut harus dipelihara dengan baik sesuai dengan prosedur umum. Sebaik apapun printer dan semahal apapun printer, jika tidak dipelihara maka kemungkinan besar printer akan cepat rusak atau paling tidak kualitas cetak semakin buruk.

Hasil cetak printer yang kurang baik dapat berupa hilangnya sebagian warna, terdapat garis kosong pada hasil cetak, tinta melebar, atau tinta sama sekali tidak keluar. Untuk mengurangi terjadinya kerusakan dan ketidaknormalan seperti tadi, berikut ini adalah beberapa tips memelihara printer.

  1. Printer sebaiknya disimpan di tempat yang bersih dan bebas debu. Jika tidak, maka dapat menyebabkan cepat rusak paper roll (penarik kertas) karena pengaruh debu sehingga sering terjadi kertas sulit ditarik saat pencetakan.

  2. Hindari penyimpanan printer di tempat yang terkena langsung sinar matahari.

  3. Gunakan tinta dengan kualitas baik untuk menjaga kerusakan pada head.

  4. Hindari sering gonta-ganti merk tinta meskipun diganti dengan tinta bermerk dengan harga yang relatif lebih mahal. Sebaiknya gunakan tinta dengan merk yang sama setiap isi ulang.

  5. Hati-hati ketika memasukan tinta dan jangan sampai masuk ke catridge warna lain ketika isi ulang khususnya printer yang telah dimodifikasi dengan tinta infus seperti Epson Stylus R230 atau Epson T 13.

  6. Lakukan pembersihan secara berkala dengan tisu atau lap kanebo di bagian luar printer.

  7. Sering-seringlah membersihkan kotoran tinta di bagian dalam yang terjangkau dengan tangan.

  8. Lakukan pemeriksaan volume tinta (untuk tinta infus) jangan sampai kehabisan tinta.

  9. Sebaiknya lakukan print setiap hari meskipun hanya selembar dengan hasil cetak full color. Tujuannya untuk melancarkan aliran tinta dan menghindari mampetnya aliran tinta di bagian head printer.

  10. Usahakan untuk tidak mencetak kertas yang terlalu tebal dan keras untuk menghidari rusaknya penarik kertas.

  11. Usahakan untuk tidak mencetak kertas yang terlalu tipis dan rapuh karena dapat menyebabkan terbawanya kertas ke dalam printer dalam keadaan melipat dan tidak normal.

  12. Lakukan proses Head Cleaning printer (dengan software) dan Nozzle Check secara berkala.

  13. Matikan printer saat tidak digunakan.

Demikian beberapa tips memelihara printer agar usianya lebih lama dan kualitas cetak tetap baik.