Speedy Pasang Fiber Optic

Dari tahun ke tahun ke tahun persaingan antar ISP (Internet Servive Provider) semakin ketat dan semakin terlihat, terbukti dengan bermunculannya berbagai paket internetan dan beragam bonus untuk menarik konsumen. Para provider bersaing dalam hal kualitas layanan, harga, dan kecepatan. Masyarakat yang berada pada posisi user (pengguna) kini sudah banyak yang mulai faham akan kualitas koneksi jaringan internet. Harga sepertinya tidak lagi menjadi penilaian utama, mereka lebih mementingkan speed (kecepatan), quota, dan bandwidth untuk mengukur kualitas jaringan internet. Bukan itu saja, kualitas layanan dan interval gangguan adalah dua hal yang juga menjadi faktor ketertarikan para pengguna untuk menjadi konsumen salah satu ISP.

Semakin menurunnya jumlah pelanggan telepon kabel akibat banyak pelanggan yang beralih ke telepon selular dan meningkatnya data transfer internet, maka Telkom Speedy sebagai salah satu ISP terbesar di Indonesia mulai beralih ke jaringan fiber optic dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas jaringan internet meskipun membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sejak tahun 2012 Speedy sudah melakukan penggantian kabel tembaga menjadi fiber optic dan rencananya akan selesai tahun 2015 mendatang. Keseriusan Speedy juga terlihat pada penurunan tarif internet yang diinformasikan ke pelanggan langsung (via telepon) tanpa tambahan biaya. Dulu biaya per bulan untuk paket family 512 KB dengan kuota adalah sekitar Rp325.000,- tetapi kini untuk paket 1M unlimited biaya per bulannya hanya Rp350.00,- sudah termasuk PPN.

Untuk komunikasi suara, kabel tembaga memang cukup baik tetapi jika digunakan untuk transfer data digital dalam suatu jaringan internet fiber optic jauh lebih unggul. Dengan fiber optic, transfer data dapat lebih cepat dan koneksi internet lebih stabil dan lebih optimal. Disamping itu penggantian jaringan ini dapat meminimalisir gangguan dan pencurian kabel.

Di Kabupaten Bandung Jawa Barat, pemasangan fiber optic ini sudah sampai ke beberapa sekolah, misalnya di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Almarwah meskipun belum beroperasi. Menurut petugas yang datang ke sekolah, semua biaya pemasangan, penggantian modem, sampai peralihan jaringan dari kabel ke fiber optic tidak dibebabnkan ke sekolah alias gratis.

Penulis berharap semoga rencana Telkom Speedy mengganti jaringan kabel tembaga dengan fiber optic dapat terealisasi dengan baik sehingga masyarakat khususnya pengguna internet dapat menikmati koneksi internet dengan kualitas yang jauh lebih baik dan tentunya lebih murah lagi :)