Printer Laser Vs Inkjet

Ketika akan membeli printer, Anda tentu akan memilih printer di antara printer laser, inkjet, dan dot matrix. Ketiga jenis printer tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Printer laser menggunakan tinta serbuk warna atau hitam, printer inkjet menggunakan tinta cair hitam saja, 4 warna (yellow, magenta, cyan, dan blak), atau 6 warna (yellow, light magenta, magenta, light cyan, cyan, dan black), sedangkan printer dot matrix menggunakan pita khusus yang ditekan oleh jarum matrix yang hanya memiliki satu warna. Dalam posting ini tidak akan dibahas mengenai printer dot matrix tetapi printer laser vs inkjet, mana yang lebih baik.

Kedua printer tersebut diproduksi dengan tujuan yang berbeda dan dirancang dengan teknologi yang berbeda pula. Untuk menentukan mana yang lebih baik antara printer laser vs inkjet tergantung siapa pemakainya dan untuk apa printer tersebut digunakan. Suatu printer apapun merk-nya dan apapun jenisnya akan lebih baik jika disesuaikan dengan kebutuhan. Disisi lain, harga printer laser lebih mahal dari printer inkjet namun jika keperluannya adalah speed (kecepatan) cetak, tentu printer jenis ini adalah pilihan yang baik dibanding printer inkjet. Jika tujuan Anda adalah hasil cetak foto yang lebih baik, printer inkjet adalah pilihan yang tepat khususnya jika pekerjaan Anda adalah percetakan foto sederhana.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kelemahan antara printer laser Vs inkjet yang dapat dijadikan referensi sebelum membeli.

  1. Printer laser harganya lebih mahal dibanding printer inkjet.

  2. Hasil cetak printer laser lebih cepat daripada printer inkjet.

  3. Printer inkjet lebih baik dalam hal cetak foto.

  4. Isi ulang tinta untuk printer inkjet lebih murah.

  5. Beberapa tipe printer inkjet dapat dimodifikasi dengan tambahan tinta infus seperti printer Epson Stylus Photo R230 atau Epson Stylus Photo T 13.

  6. Kemudahan dalam pengoperasian dan pemeliharaan tergantung dari tipe masing-masing printer.

  7. Jika ada kerusakan, maka perbaikan lebih mudah dilakukan untuk printer inkjet (menurut salah satu service center di Bandung) karena komponen (spare part) lebih mudah didapat dengan harga yang relatif murah.

  8. Jika volume hasil cetak cukup banyak dan yang dibutuhkan adalah hitam putih untuk jangka panjang, maka printer laser dapat lebih murah.

Intinya, jika Anda membutuhkan hasil cetak foto yang lebih cepat  dengan warna hitam putih, sebaiknya menggunakan printer laser karena untuk jangka panjang dapat lebih murah. Sebaliknya, jika kecepatan bukan merupakan kebutuhan mutlak dan dokumen yang dicetak adalah dokumen sederhana seperti dari Ms. Word, Ms. Excel, ataupun email baik warna atau hitam putih, maka printer inkjet adalah pilihan tepat. Selain itu, printer inkjet dapat mencetak foto dengan kualitas yang baik.