Mendidik Anak Supaya Rajin Belajar dan Mandiri

Sebelumnya telah dibahas tentang Tips Supaya Anak Rajin Belajar dan Mandiri dan berikut adalah beberapa hal lainnya yang bisa dilakukan orang tua.

Lihat juga : Tips Supaya Anak Rajin Belajar dan Mandiri

* Berikan contoh langsung yang berkaitan.

Ketika menekankan kepada Anak untuk lebih rajin belajar dan Mandiri yang dilakukan orang tua tidak hanya berupa ucapan, berikan contoh konkrit misalnya biasakan orang tua menulis, membaca atau melakukan sesuatu secara rutin, Anak akan melihat kebiasaan orang tua dan ketika anak bertanya " sedang apa " orang tua bisa menjawab " sedang membaca untuk menambah informasi supaya banyak pengetahun atau sedang mengerjakan sesuatu supaya cepat selesai "

dengan begitu otomatis anak akan diberikan energi secara tidak langsung oleh orang tuanya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya.

* Semakin anak besar atau bertambah umur, bukan untuk disuruh namun lebih ke berikan saran.

Ketika Anak bertambah dewasa pola pikir dan karakternyapun bertambah dewasa, semakin besar mereka semakin memiliki pemikiran individu yang semakin kuat, layaknya seorang yang sudah dewasa ketika disuruh-suruh merupakan hal yang kurang menyenangkan bahkan mungkin sang Anak ketika disuruh malah membangkang atau ngeyel.

Sebaiknya orang tua lebih ke memberikan saran dengan tanpa berhenti memantau dari jauh apa saja kekurangan atau kesulitan yang dihadapi Anak.

* Bangun kebiasaan Anak untuk dapat menceritakan apa yang sedang mereka alami.

Terkadang Anak terlihat resah yang bisa jadi keresahan ini mengurangi semangat mereka untuk rajin belajar, dalam satu sisi anak takut atau tidak terbiasa menceritakan segala sesuatu yang mereka alami bisa jadi karena perlakukan orag tua terhadap anak yang menjadikan Anak kurang terbuka.

Tanamkanlah dipikiran Anak bahwa orang tua sebagai tempat aman untuk membicarakan hal pribadi mereka dan orang tua menjamin akan memberikan solusi.

Kesimpulan : Perlakukanlah Anak bukan hanya dari status yaitu sebagai Anak namun perlakukan mereka layaknya sebagai seorang individu yang harus di hormati dan dihargai dari berbagai sisi, mereka ( Anak ) adalah seorang manusia yang memiliki derajat yang sama jangan sampai orang tua berkata " diam saja, kamu anak kacil tahu apa, menurut saja sama orang tua " :)