Memeriksa Keunikan Artikel

Membuat sebuah artikel untuk dipublikasikan di sebuah blog memang tidaklah sulit, anak SD atau SMP saja kini sudah banyak yang mempunyia blog dengan banyak artikel di dalamnya. Yang menjadi permasalahan adalah membuat artikel yang dianggap unik dan berkualitas bukan saja bagi Ai Pembaca tetapi juga bagi Search Engine. Jika kedua hal ini dapat dicapai artinya artikel tersebut sangat ideal, berkualitas, dan sangat bermanfaat bagi pembaca.

Jika seorang blogger menulis sebuah artikel dengan topik yang sudah umum, bisa saja menurut search engine artikel tersebut masuk dalam kategori unik karena sudah direstruktur dan secara tatabahasa memang berbeda. Lain halnya bagi pembaca karena pembaca adalah manusia dan bukan mesin sehingga dapat dengan mudah membedakan topik baru dan topik yang sudah basi akibat sering dibahas di banyak blog. Oleh karena itu sering-seringlah memeriksa keunikan artikel sebelum dipublikasikan agar artikel yang dibuat unik di mata mesin pencari khususnya Google dan di mata pengunjung/pembaca.

Pada posting ini hanya akan membahas artikel untik menurut search engine untuk menghindari "jeratan dan jebakan" DMCA (Digital Millenium Copyright Act) akibat copy-paste artikel tanpa perhitungan atau tanpa membaca TOS-nya blog yang di-copas. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memeriksa keunikan artikel.

  1. Berusaha untuk memikirkan sebuah ide baru yang diperkirakan belum dibahas di dunia maya sebelum menulis di area posting.

  2. Sering-sering melakukan blogwalking untuk sekedar survey mencari blog yang membahas topik yang sama.

  3. Untuk memeriksa keunikan artikel dapat menggunakan banyak tool, salah satunya copysacpe.com. Melalui copyscape.com kita dapat memeriksa keunikan artikel berdasarkan tatabahasa dan aturan umum dunia search engine hanya saja untuk versi atau member gratisan, artikel yang akan diperiksa harus diterbitkan terlebih dahulu. Jika mendaftar sebagai member pro di copyscape.com, maka kita dapat memeriksa keunikan artikel melalui form khusus sebelum artikel tersebut diterbitkan. Bukan itu saja, jumlah masksimal proses pengujian artikel pun sangat banyak dan jumlah hasil pengujian pun tak terbatas.

Si Penulis asli tentu tidak akan begitu saja melaporkan blog Si Pelaku copas melalui DMCA tanpa perhitungan dan pemeriksaan objektif dan akurat karena DMCA sendiri mempunyai aturan dan kriteria khusus untuk keperluan tersebut meskipun topik yang dibahas sama.

Catatan:
Informasi mengenai cara "memeriksa keunikan artikel" ini tidak dimaksudkan dan tidak merekomndasikan bahwa Anda boleh melakukan copy-paste artikel selama mencantumkan link balik (backlink) atau dengan cara "mendaur-ulang" artikel yang bersangkutan agar telihat unik di mata mesin pencari.