Membuat Website di Weebly

Membuat Website di Weebly

Ketika Anda akan membuat website, ada tiga metode yang mungkin Anda gunakan yakni membuat website sendiri secara manual dengan script-script website yang diperlukan dan tentunya yang Anda kuasai. Itu yang pertama, kedua menggunakan jasa pembuatan website, dan yang ketiga menggunakan website builder atau dengan bantuan CMS (Content Management System) seperti Wordpress dan Joomla .

Jika Anda menggunaka metode pertama, artinya Anda harus menguasai materi-materi yang diperlukan untuk mambangun sebuah website seperti PHP dan JavaScript. Anda hannya membutuhkan dana untuk membeli domain dan hosting sesuai kebutuhan. Dana yang dibutuhkan akan lebih besar jika Anda menggunakan metode kedua yakni menggunakan jasa orag lain untuk membuat website. Metode ketiga dapat Anda gunakan ketika Anda belum menguasai script-script website tetapi Anda ingin membuat website sendiri. Cara ini cocok untuk Anda yang belum bisa membuat website sendiri dengan dana yang terbatas.

Untuk metode yang ketiga Anda dapat menggunakan layanan Blogger (Blogspot.com), Wordpress.com, Weebly.com, dan situs-situs lain sejenisnya. Di Blogger Anda akan mendapatkan hosting gratis dengan subdomain .blogspot.com dan dengan kapasitas yang sangat besar (maklum saja karena Blogger adalah salah satu produk Google. Untuk login ke Blogger Anda dapat menggunakan akun Gmail atau akun produk Google yang lain. Pada Wordpress.com, Anda akan mendapat hosting gratis tetapi kapasitasnya lebih sedikit dari Blogger. Selain itu Anda akan mendapatkan sub domain .wordpress.com. Berbeda dengan Blogger dan Wordpress.com, di Weebly.com kita dapat membuat website sendiri dengan cara drag and drop elemen yang dibutuhkan. Jika menggunakan akun gratisan, kita akan mendapat sub domain .weebly.com.

Cara Membuat Website di Weebly.com
  1. Buka www.weebli.com.

  2. Daftar dulu menjadi anggota kemudian login dengan username dan password Anda.

  3. Pilih Theme (Template) yang cocok. Pada beberapa template terdapat opsi pengaturan warna. Tekan tombol "Choose", tunggu sebentar kemudian tekan "Next" dua kali kemudia "Start Editing!".

  4. Langkah selanjutnya adalah pemilihan nama domain. Anda dapat menggunakan sub domain gratis dari Weebly (weebly.com), menggunakan domain baru dengan membeli nama domain baru melalui Weebly, atau menggunakan nama domain yang sudah Anda miliki sebelumnya. Klik "Continue" untuk melanjutkan kemudian klik "Buid mysite" .

  5. Drag and Drop elemen yang Anda butuhkan untuk website baru tersebut. Setelah selesai, klik tombol "Publish".

Pada Blogger dan Wordpress.com, posting artikel akan otomatis seperti blog dimana artikel yang paling baru dipublikasikan akan tampil paling depan di halaman Home. Ketika Anda selesai membuat website di Weebly ,untuk keperluan ini harus dibuat halaman khusus yakni "Blog Page" pada menu Pages.