Memaksimalkan Pendapatan Google Adsense

Pendapatan Google AdSense
Pendapatan Google AdSense
Popularitas Google Adsense semakin hari semakin meningkat seiring meningkatnya para blogger yang mulai melirik bisnis online yang satu ini. Ketertarikan ini bukan tanpa alasan, selain gratis, pendapatan Google Adsense sangat menjanjikan jika digeluti dan dikelola dengan benar.

Meski pendapatan Google Adsense cukup besar, tetapi tidak semua pelaku bisnis ini dapat memaksimalkan pendapatan Google Adsense karena kurangnya pemahaman.

Kondisi ini banyak memancing para blogger yang menjadi member Google Adsense untuk mencoba melakukan berbagai metode tanpa mempelajari terlebih dahulu TOS-nya Google Adsense. Akibat ketidaktahuan ini, bukan saja pendapatan Google Adsense (GA) yang tidak akan pernah naik, akun Google Adsense pun dapat lenyap begitu saja akibat diban, padahal untuk dapat diterima menjadi member GA, tidak mudah seperti di tahun-tahun sebelumnya.

TOS (Term of  Service) dibuat dengan tujuan untuk menjaga reputasi Google Adsense di mata para advertiser yang memasang iklan melalui Google Adword, karena tanpa mereka Google tidak bisa "hidup" dan tanpa publiher promosi iklan tersebut tidak akan optimal. Untuk mencapai tujuan tersebut TOS Google Adnsense terus diperbaiki (di-update) sesuai kebutuhan.

Cara memaksimalkan pendapatan Google Adsense
Persentase perbandingan pengguna Google Adsense yang telah sukses dengan pengguna yang gagal (belum sukses) masih sangat jauh. Mereka yang sukses adalah para publisher telah merealisasikan metode-metode positif dengan serius tanpa melanggar TOS Google Adsense. Google Adsense berbeda dengan Forex yang penuh dengan prediksi dan kemungkinan-kemungkinan tak terduga. Teknik analisa yang dilakukan pun tentunya berbeda.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi besar-kecilnya pendapatan Google Adsense. Selain keunikan dan kualitas konten, kata kunci (keyword) yang dibidik pun turut menjadi faktor penentu yang cukup signifikan. Berikut ini adalah bebarapa cara untuk memaksimalkan pendapatan Google Adsense:

  1. Taati semua peraturan, persyaratan, dan kebijakan Google Adsense yang tertera di dalam TOS Google Adsense untuk menghindari kehilangan akun akibat diban.

  2. Tepat dalam memilih jenis iklan, ukuran iklan, dan posisi iklan misalnya dengan menempatkan iklan di bagian header atau dengan mengkombinasikan iklan gambar dan iklan teks secara bersamaan.

  3. Tingkatkan kualitas konten dengan cara menulis artikel-artikel unik dan fresh.

  4. Pilih kata kunci yang benar yang banyak dicari pengguna internet dengan kompetitor sedikit dan usahakan untuk memilih kata kunci mahal (high paying keyword).

  5. Usahakan untuk selalu memposting artikel secara teratur, misalnya saja sehari satu artikel secara konsisten.

Anda berpendapat lain?