Manfaat Blog Bagi Pendidikan

Masih banyak pengguna internet yang hanya tahu dengan "Update Status" Facebook, bahkan cara mengaksesnya pun bukan dengan menulis www.facebook.com di browser internet tetapi dengan menulis kata kunci "Facebook" atau "FB" pada mesin pencari. Baru setelah muncul Facebook di SERP, mereka mengklik link yang menuju alamat Facebook untuk login. Ada juga yang hanya mengenal Google untuk mencari hal-hal yang berhubungan dengan NUPTK, Sertifikasi, dan Syarat menjadi PNS. Sepertinya mereka lebih cenderung menjadi pengguna pasif yang hanya menerima informasi dari Internet.

Sebagian dari para pengguna tersebut mungkin masih bisa dikatakan wajar karena tidak mengalami perkembangan dunia internet di jamannya. Namun demikian tidak ada salahnya dan tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Mereka tidak tahu bahwa informasi yang mereka dapat dari internet yang diawali dengan pencarian melalui search engine Google adalah blog atau situs yang dibangun khusus untuk menyediakan informasi tertentu. Informasi apapun kini bisa dipublikasikan melalui sebuah blog baik yang gratisan atau yang berbayar (dengan domain dan hosting sendiri). Jika dikelola dengan baik, sebuah blog dapat bermanfaat bagi pembaca dalam banyak hal termasukdi  bidang pendidikan. Manfaat blog bagi pendidikan akan terlihat jelas jika konten blog berisi materi-materi yang terkait dengan dunia pendidikan seperti:

  1. Materi pelajaran sekolah untuk berbagai tingkat (SD, SMP, dan SMA/SMK Sederajat)

  2. Informasi yang berhubungan dengan mata kuliah tertentu

  3. Berisi ebook-ebook tentang suatu pelajaran tertentu yang dapat diunduh oleh pembaca

  4. Tips dan Tutorial mengenai suatu aktifitas pendidikan

  5. Agar manfaat blog bagi pendidikan dapat terealisasikan, maka blog tersebut harus bisa ditemukan dengan mudah oleh pengakses internet. Caranya bisa dengan memberitahukan alamat blog yang bersangkutan melalui berbagai jejaring sosial, forum, BBM, SMS, dan Email. Cara lain adalah dengan menggunakan metode SEO (Search Engine Optimization) dengan harapan agar blog yang dimasud bisa tampil di halakan depan SERP saat pembaca mencari informasi dengan kata kunci yang relevan dengan konten blog tersebut.

Bagi sahabat yang tertartik untuk membuat blog sendiri dapat mencoba membuatnya di Blogger (www.blogger.com), Wordpress (www.wordpress.com), dan Weebly (www.weebly.com). Ketiga situs tersebut sangat cocok untuk pemula karena selain mudah, juga gratis.