Jenis Kerusakan Printer Inkjet Epson

Di posting sebelumnya sudah dibahas beberapa kerusakan yang sering terjadi pada printer inkjet Canon, printer laserjet, dan printer HP Deskjet. Kali ini penulis akan membahas secara ringkas jenis kerusakan pada printer inkjet Epson khususnya pada Epson Stylus R230, Epson T 13, Epson TX 121, Epson L100, dan Epson L200. Informasi ini diperoleh dari salah satu tempat reparasi printer di ITC Bandung.

  1. Printer tidak bisa menarik kertas ketika proses print. Dalam kasus lain kertas dapat ditarik setelah beberapa kali gagal atau dengan bantuan tangan secara manual dengan cara mendorong kertas. Kerusakan ini akibat pernarik kertas rusak, kemungkinan akibat aus, sering dipakai, atau kotor.

  2. Printer mati total. Bisa diakibatkan kabel power rusak/putus atau karena motherboard yang rusak akibat usia atau karena kesalahan pemakaian yang tidak sesuai dengan prosedur.

  3. Printer tidak bisa cetak tetapi saat dinyalakan pertama kali cantridge kergerak normal kemudian diam dan dua lampu merah menyala berkedip cepat (pada Epson R230). Kerusakan ini biasanya akibat sensor yang berada di bawah catridge terhalang tinta, kotor, atau rusak.

  4. Satu atau beberapa warna tidak keluar saat print. Bisa diakibatkan karena tinta tersumbat akibat ada tinta yang kering, tinta di catridge habis, atau karena ada selang infus yang terjepit.

  5. Fanbelt putus. Bisa disebabkan karena catridge terhalang untuk bergerak akibat ada selang infus yang terkait (terpasang tidak normal) atau ada benda asing yang masuk dan menghalangi jalannya catridge.

  6. Printer nge-blink. Akibat jumlah poin cetak sudah mencapai nilai maksimal dan memerlukan reset dengan resetter Epson (jika printer telah dimodifikasi dengan tambahan tinta infus).

  7. Tinta Printer Banjir. Bisa diakibatkan karena tidak dipasang selang pembuangan, selang pembuangan tersumbat, atu selang pembuangan bocor di dalam sehingga busa/ sponge hitam di dalam printer penuh menampung tinta pembuangan.

  8. Terdapat garis lurus vertikal ketika print. Kerusakan ini bisa diakibatkan head print yang rusak dan saatnya untuk diganti.

  9. Kertas tertarik banyak (lebih dari satu) saat print. Bisa disebabkan penarik kertas yang rusak atau aus.

  10. Salah satu atau beberapa catridge tidak dikenali, pada printer Epson TX 121 (biasanya ditandai tanda silang). Kerusakan ini bisa diakibatkan chip pada catridge rusak.

Demikian beberapa jenis kerusakan printer inkjet Epson yang sering dialami. Informasi di atas kebenaranya tidak mutlak karena hanya berdasarkan pengalaman penulis, namun demikian semoga dapat dijasikan referensi.