Jenis Kerusakan Printer HP Deskjet

Setelah membahas beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada printer laserjet, kini penulis akan mencoba berbagi informasi mengenai jenis-jenis kerusakan printer HP Deskjet yang sering terjadi.

  1. Kertas tidak ketarik (paper jam) saat cetak pada printer HP Deskjet 1000. Kerusakan ini biasanya akibat sensor rusak atau penarik kertas (paper roller) pada printer mengalami kerusakan atau aus akibat usia dan seringnya pemakaian. Kasus ini sering terjadi karena penggunaan jenis kertas yang salah atau tidak sesuai dengan spesifikasi yang diperbolehkan. Paper jam bisa juga diakibatkan karena ada benda asing yang masuk ke dalam printer yang menghalangi putaran gear di dalam printer.

  2. Printer mati total. Kerusakan ini bisa disebabkan motherboard yang rusak atau kabel power yang rusak sehingga tidak ada arus listrik, atau adaptor (power supply) mengalami kerusakan.

  3. Hasil print putus-putus atau terdapat salah satu atau beberapa warna yang tidak keluar ketika print. Kerusakan ini bisa diakibatkan karena catridge tersumbat atau rusak sehingga tinta tidak dapat mengalir dengan lancar.

  4. Blinking (kedap-kedip). Printer nge-blik bisa terjadi pada printer HP Deskjet D2566, 3535, 3420, 3920, dan 2466 akibat adanya chip yang rusak pada salah satu atau pada kedua catridge sehingga motherboard tidak bisa mendeteksi catridge.

  5. Hasil cetak tidak normal atau rusak. Hal ini dapat diakibatkan kerena sering gonta-ganti merk tinta yang dapat berakibat rusaknya catridge.

  6. Hasil cetak pada Printer HP Deskjet D2566 tidak sesuai dengan data yang dicetak misalnya jarak spasi tidak teratur (tidak sama dengan data yang di-print). Penyebabnya bisa dari kerusakan sensor putaran berupa plastik bening berbentuk lingkaran.

  7. Lampu berkedip pada printer HP Deskjet 3920. Kerusakan ini bisa diakibatkan karena masa operasi catridge sudah habis, dalam kondisi ini catridge perlu direset atau diganti dengan catridge baru.

Demikian beberapa jenis kerusakan printer HP Deskjet yang sering terjadi. Semoga informasi yang diperoleh penulis dari salah satu tempat reparasi printer di ITC Bandung ini dapat dijadikan referensi dalam rangka pemeliharaan printer HP sehingga dapat lebih awet.