Fiber Optik Untuk Kecepatan Internet

Fiber Optik atau sebenarnya disebut Serat Optik merupakan teknologi saluran transmisi atau sejenis kabel terbuat dari kaca atau plastik yang memiliki ukuran sangat kecil dan halus digunakan untuk mentransimisikan cahaya dari satu tempat ke tempat lain dimana sumber cahaya yang biasanya digunakan adalah cahaya laser atau LED.

Kecepatan transmisi dalam fiber opik ( serat optik ) sangatlah tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi, kabel serat optik ( fiber optik ) ini memiliki ukuran diameter sekitar 120 mikrometer.

dalam dunia internet yang sangat erat kaitannya dengan teknologi komunikasi, fiber optik ini menjadi dalah satu media untuk mentransmisikan data dari ISP ke pengguna internet dengan kecepatan bandwith lebih besar dibandingkan menggunakan teknologi kabel biasa atau menggunakan teknologi wireless.

Kecepatan kapasitas bandwith internet yang menggunakan fiber optik bisa mencapai gigabit, perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menawarkan kecepatan internet dengan teknologi fiber optik bisa menyediakan kecepatan internet hingga 100Mbps untuk download dan upload yang mana jika dibandingkan dengan kecepatan koneksi biasa mempunyai perbandingan cukup jauh. Kecepatan koneksi internet biasa masih di bawah 20 Mbps apalagi jika dibandingkan dengan jenis koneksi GPRS

LIhat juga cara kerja Fiber Optic : How Fiber Optics Work

Kini berbagai industri termsauk dibidang telekomunikasi, industri, militer, medis, penyiaran, server untuk penyimpanan data dan lain-lain mampu menerapkan dan menggunakan teknologi fiber optik dalam berbagai palikasi.