Desain Kartu Siswa

Kartu siswa atau kartu pelajar adalah identitas resmi bagi siswa yang masih duduk di bangku sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA yang dalam beberapa hal fungsinya hampir sama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kartu siswa wajib dimiliki oleh setiap siswa selama menjadi peserta didik suatu sekolah, yayasan, atau lembaga pendidikan lainnya. Mengingat sangat pentingnya kartu pelajar, siswa yang tidak sedang berada di lingkungan sekolah pun sangat direkomendasikan untuk selalu membawanya.

Alasanya, jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadi kecelakaan, menjadi korban kriminal, dan musibah lainnya, maka aparat terkait atau masyarakat dapat dengan mudah menghubungi orangtua/wali siswa atau keluarga terdekat melalui sekolah yang tercantum pada kartu siswa. Disamping itu kartu siswa adalah bukti sah bahwa siswa yang bersangkutan adalah benar-benar pelajar (peserta didik) sekolah yang bersangkutan.

Dalam beberapa kasus, banyak instansi atau organisasi bisnis yang memberikan diskon khusus kepada semua siswa dengan memperlihatkan kartu siswa yang masih berlaku. Ini tentu merupakan salah satu keuntungan bagi siswa.

Umumnya kartu siswa dibuat sekali dan berlaku selama menjadi peserta didik sekolah tertentu (sesuai yang tercantum pada kartu siswa). Tidak ada persyaratan dan aturan khusus dalam desain kartu siswa, semua diserahkan kepada sekolah masing-masing selama tidak melanggar aturan umum yang sudah menjadi etika dan norma bangsa Indonesia. Di dalam kartu tersebut harus mencantumkan hal-hal pokok sebagi berikut:

  1. Nama lengkap siswa,

  2. Nomor induk siswa,

  3. Nama Sekolah,

  4. Alamat lengkap sekolah

  5. Masa berlaku kartu

  6. Fas foto siswa (biasanya ukuran 2x3)

Adapun hal lain di luar keenam poin di atas hanya bersifat optional seperti jenis kelamin, golongan darah, dan tanggal lahir. Meski mayoritas masa berlaku kartu siswa adalah selama menjadi pelajar di sekolah yang bersangkutan, namun ada juga beberapa sekolah yang melakukan pembaruan setiap tahun, artinya masa berlaku kartu siswa hanya satu tahun, selanjutnya harus dibuat kembali dengan masa berlaku setahun kedepan.

Berikut ini adalah beberapa contoh desain kartu siswa yang dibuat dengan bantuan program Photoshop. Apabila sahabat membutuhkan bantuan untuk membuat desain kartu siswa, sahabat dapat memesannya melalui www.maubagus.com. Semoga contoh-contoh desain di bawah dapat menjadi referensi dan sumber ide.