Belajar PHP dan JavaScript

Untuk membuat website sendiri diperlukan pengetahuan dan penguasaan beberapa script pemrograman antara lain PHP, JavaScript, HTML, dan CSS. Meski kini sudah banyak tool untuk membantu mendesain website, tetapi pemahaman dasar dari bahasa-bahasa penunjang tadi masih diperlukan karena akan diperlukan terutama ketika akan melakukan pengeditan atau modifikasi.

Untuk menjalankan website berbasis PHP, selain diperlukan browser internet seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan Google Chrome, juga diperlukan komputer server untuk menyimpan program yang umumnya dikombinasikan dengan MySQL. Itu sebabnya PHP termasuk Server-Side-Script. Berbeda dengan PHP, JavaScript dan HTML dapat dijalankan langsung melalui browser karena bersifat client-side. Ketiganya sangat diperlukan ketika membuat sebuah website.

PHP, JavaScript, dan HTML mempunyai peran tersendiri yang saling berhubungan dalam pembuatan website interaktif dan dinamis. HTML membantu PHP untuk menampilkan informasi ke browser internet, HTML saja tidak cukup karena untuk membuat sebuah interaksi via klien diperlukan JavaScript. Agar website yang dibangun dapat dinamis yang terhubung dengan database diperlukan PHP dan MySQL sebagai database-nya.

Untuk mempelajari script-script tadi diperlukan seorang atau lebih pengajar (guru), buku panduan, tool yang diperlukan, waktu, dan dana. Kini seiring perkembangan dunia edukasi di internet, banyak situs yang sengaja dibangun sebagai sarana untuk belajar baik berbayar ataupun gratisan, W3Schools adalah salah satunya. Melalui W3School kita bisa belajar PHP dan JavaScript online untuk membuat website. Selain itu, materi tentang  HTML, CSS, dan XML bisa kita dapatkan di sana . Pembahasan di W3Schools dibagi menjadi beberapa kategori yaitu:

  1. HTML/ CSS

  2. JavaScript

  3. Server Side

  4. XML Tutorials

  5. Web Building

Beberapa materi dapat langsung dipraktekan melalui editor online yang disediakan (Try it Yourself). Hasilnya pun dapat langsung terlihat setelah tombol "Submit Code" ditekan. Jika kita berminat untuk mendapatkan sertifikat, W3Schools menyediakan sertifikat online sesuai dengan materi yang diinginkan, yakni:

  1. Sertifikat HTML ($95.00)

  2. Sertifikat HTML5 ($95.00)

  3. Sertifikat CSS ($95.00)

  4. Sertifikat JavaScript ($95.00)

  5. Sertifikat JQuery ($95.00)

  6. Sertifikat XML ($95.00)

  7. Sertifikat ASP ($95.00)

  8. Sertifikat PHP ($95.00)

Selain di W3Schools, kita juga dapat belajar PHP dan JavaScript online melalui situs-situs Indonesia seperti di CodeSaya.com. Selain gratis, di website itu juga kita dapat berdiskusi untuk memecahkan suatu masalah melalui forum diskusi. Di CodeSaya.com kita juga dapat menulis kode pada editor yang tersedia dan hasilnya dapat dilihat langsung. Materi untuk belajar PHP dan JavaScript berada dijendela sebelah kanan, penulisan kode ada di jendela sebelah kanan atas, dan hasil ekseskusi akan telihat di jendela sebelah kanan bawah.

Meski materi pembahasan tidak selengkap di W3Schools, tetapi di CodeSaya.com kita dapat belajar PHP dan JavaScript dengan bahasa Indonesia, gratis lagi :)