Belajar Bahasa Inggris Online

Seperti kita tahu bahwa internet merupakan "perpustakaan" terbesar sedunia yang berisi beragam informasi, termasuk materi yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah. Melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing, kita dengan mudah dapat menemukan informasi yang kita butuhkan kapanpun dan dimanapun. Hanya bermodalkan koneksi internet, hampir semua informasi dapat kita peroleh secara gratis termasuk pelajaran bahasa Inggris. Melalui internet kita bisa belajar bahasa Inggris online bahkan tes/ujiannya pun dapat dilakukan online.

Mengingat kemajemukan informasi yang sudah tersebar di dunia maya baik informasi positif maupun negatif, tugas kita hanyalah memilah dan memilih informasi mana yang dapat dipercaya, bermanfaat, dan dapat dipertanggungjawabkan. Demikian juga untuk pelajaran Bahasa Inggris, pilihlah sumber referensi yang dapat dipercaya.

Untuk belajar bahasa Ingris online, banyak metode yang dapat dilakukan misalnya saja dengan mengunjungi langsung situs-situs kursus online bahasa Inggris yang melayani khusus para siswa yang tertarik untuk belajar tanpa batasan usia dan pendidikan. Situs-situs tersebut ada yang berbayar yang memerlukan registrasi dengan dana tertentu tetapi ada juga yang gratisan. Di antara situs penyedia layanan kursus online ada yang melengkapinya dengan fitur ujian online sehingga para siswa tidak perlu datang langsung ketika ujian. Selain melalui situs-situs tadi, masih banyak lagi metode untuk belajar bahasa Inggris online di antaranya dapat melalui:

  1. Google Translate (versi text dan suara)
    Metode ini berguna untuk mengetahui terjemahan dari kata-kata bahasa Inggris yang belum diketahui. Selain itu dapat melatih pendengaran (listening) dari suatu kata, frase, atau kalimat lengkap dalam bahasa Inggris

  2. Chatting dengan orang asing (yang berbahasa IngGris) melalui berbagai media seperti jejaring sosial dan forum baik berupa tulisan, suara, atau bahkan dengan video.
    Metode ini berguna untuk melatih penulisan dengan meyususn kata-kata bahasa Inggris menjadi satu kalimat dalam komunikasi sederhana.

  3. Mengunjungi situs-situs berbahasa Inggris dan membacanya
    Metode ini akan berguna untuk menambah dan memperkaya kosakata bahasa Inggris

  4. Membuat personal blog dalam bahasa Inggris
    Berguna untuk melatih membuat artikel lengkap dalam bahasa Inggris untuk konsumsi publik

  5. Memberi komentar dan tanya-jawab melalui kolom komentar di blog berbahasa Inggris
    Melatih untuk menyimak suatu topik artikel bahasa Inggris kemudian mencoba untuk berdiskusi sesuai tema artikel yang dibaca

  6. Belajar langsung di www.123listening.com
    Berguna untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris dan melatih pendengaran (listening)