Media Online Sebagai Komunikasi Publik

Media Online sebagai komunikasi publik kini hampir bisa disamakan dengan media-media pendahulunya seperti media cetak, Radio dan Televisi dimana bisa dikonsumsi oleh berbagai tingkatan dari mulai yang tidak begitu memahami tentang media online sampai dengan yang sudah menjadikan media online sebagai pekerjaan sehari-hari.

Kondisi ini tidak lepas dari peran teknologi yang mempunyai peranan besar dalam menyampaikan informasi kepada khalayak luas secara menyeluruh didukung peran pemerintah yang mulai terus memberikan fasilitas.

dalam hal teknologi, yang memberikan peranan besar terhadap media online sebagai komunikasi publik adalah adanya perangkat-perangkat mobile masa kini dimana fungsi yang disediakan tidak hanya fungsi dasar tetapi sudah memiliki fungsi sebagai media penyampaian informasi secara detail, sebagai contoh adanya Ponsel Pintar.

dari sisi peran pemerintah yang menjadikan media online sebagai komunikasi publik seperti adanya program-program penyediaan akses internet secara gratis di kelurahan-kelurahan, kecamatan dan sekolah-sekolah ataupun di tempat-tempat umum yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk akses internet seperti yang ada di pemerintah kota Bogor yaitu Tekno Go Wifi terletak di Taman Kencana Kelurahan Bantarjati Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor bahkan di kota Bandung ada rencana akan memasang WiFi di masjid dengan tujuan untuk menarik para pemuda ketika ingin mendapatkan informasi melalui internet tidak harus lagi nongkrong di tempat-tempat yang tidak jelas.

Melihat dari kondisi diatas ada satu hal penting yaitu efek dari adanya fasilitas tersebut, seyogyanya hal tersebut dapat membuahkan sesuatu yang lebih bermanfaat misalnya membangun SDM yang lebih berkualitas tidak hanya sebagai sarana hiburan.

Media Online sebagai komunikasi publik juga diharapkan bukan sebagai alat untuk mencapai tujuan negatif dari satu kelompok atau beberapa kelompok tertentu yang akhirnya citra Media Online menjadi kurang begitu baik di Masyarakat.

Media Online juga tidak sebatas sebagai media penyampaian infromasi satu arah tetapi juga bisa dijadikan sebagai sarana penyampaian ide dari pembaca, perdebatan, sebagai tolok ukur dalam menentukan sebuah kebijakan dll yang sifatnya tidak terbatas.