Manfaat Kontes SEO

Manfaat Kontes SEO Bagi Penyelenggara

Sampai saat ini, kontes SEO (Search Engine Optimization) masih sering diselenggarakan khususnya di Indonesia. Peningkatan trafik akibat efek SEO sebagai dampak diselenggarakannya kontes SEO tentunya menjadi harapan bagi pihak penyelenggara. Dengan meningkatnya trafik pengunjung, tidak mustahil suatu saat akan dapat meningkatkan popularitas sehingga situs yang bersangkutan dapat menghasilkan profit yang diharapkan.

Kenapa Kontes SEO dapat bermanfaat?

Untuk melihat manfaat kontes SEO lebih jelas, dapat dilihat melalui pemetaan sebagai berikut:


URL situs (alamat website) penyelenggara kontes SEO akan mendapatkan pengunjung yang datang langsung ke situs tersebut dan pengunjung yang datang melalui situs publisher (blogger) yang menjadi peserta kontes SEO. Ini tentunya merupakan manfaat kontes SEO.

Manfaat kontes SEO yang lain adalah perhatian dari search engine (mesin pencari) khususnya Google. Sebagai mesin penelusuran terbesar sedunia, Google akan memperhatikan backlink yang masuk ke suatu situs. Semakin banyak backlink, akan semakin baik reputasi suatu situs di mata Google. Namun demikian tentu saja backlink yang menuju situs tersebut harus benar-benar relevan dan berkualitas.

Sesuai dengan aturan kontes SEO yang biasa diselenggarakan, para peserta akan menempatkan backlink yang menuju situs penyelenggara, baik berupa anchor text maupun melalui banner tanpa tag rel="nofollow" yang disimpan di dalam artikel yang releven karena artikel yang dibuat harus sesuai dengan aturan kontes SEO.

Melalui backlink yang dipasang di dalam artikel para peserta, para pengunjung yang melakukan klik pada link tersebut dapat mengunjungi situs penyelenggara. Di sinilah keuntungan bagi penyelenggara karena mendapat tambahan pengunjung dari situs para peserta. Semakin banyak peserta, tentunya akan semakin banyak backlink dan tidak mustahil pengunjungpun akan berlipat.

Backlink yang disimpan di dalam artikel para peserta kontes SEO akan eksis permanen (kecuali dihapus secara manual oleh author) sehingga Google dan search engine yang lain akan memperhitungkan jumlah backlink sebagai dasar penilaian Pagerank. Ini adalah manfaat lain dari kontes SEO.

Manfaat Kontes SEO bagi Publisher

Meskipun kontes SEO dapat memberikan manfaat bagi situs penyelenggara, bukan berarti tidak ada nilai positif yang dapat diperoleh para peserta. Selain hadiah yang akan diperoleh (jika menang), kontes SEO dapat memberi manfaat bagi blogger (publisher) di antaranya:
  1. Sebagai sarana untuk berlatih menulis.
    Sebagai peserta tentu akan selalu update melihat perkembangan peserta lain untuk melihat posisi sementara pada saat pencarian dengan kata kunci yang dilombakan. Di sinilah waktu yang baik bagi peserta untuk membuat artikel yang jauh lebih baik dari peserta lain. Situs peserta lain dapan menjadi referensi cara menulis, cara menyusun kalimat, dan penggunaan tanda baca.

  2. Berlatih menerapkan beragam metode SEO yang pada akhirnya dapat membedakan metode terbaik dalam mengimplementasikan SEO pada situs mereka.

  3. Mendapat informasi baru.
    Pihak penyelenggara umunya memberikan referensi sebagai batasan dalam membuat artikel. Para peserta tentunya secara tidak langsung akan memperoleh informasi mengenai topik yang dilombakan.

  4. Mendapat komunitas baru.
    Tidak mustahil di antara para peserta akan terbentuk komunitas baru melalui komentar di masing-masing blog atau di jejaring sosial.