Lebih Baik Mana Antara Web Hosting Berbayar dan Web Hosting Gratis

Web Hosting berbayar dibandingkan dengan Web Hosting gratis, mana yang lebih baik atau lebih baik pilih yang mana ?

Secara umum pertanyaan tersebut sudah bisa dijawab dengan pasti, yang lebih baik adalah menggunakan Web Hosting berbayar, namun jawaban tersebut belum tentu jika dilihat dari tujuan si pengguna hosting dan dilihat dari kondisi penyedia hosting, jadi Lebih Baik Mana antara Web Hosting Berbayar dan Web Hosting Gratis ? pertimbangan bisa dilihat dari beberapa faktor berikut.

* Kehandalan
  • Web Hosting berbayar akan lebih handal jika dikelola secara profesional, contoh misalnya penyedia Web Hosting yang benar-benar membangun perusahaan termasuk pengelola didalamnya benar-benar dijalankan oleh sumber daya yang kompeten, baik sumber daya manusia yang handal maupun sumber daya keuangan yang cukup untuk mengatasi infrastruktur dll. jika Web Hosting di kelola asal-asalan maka tentu tidak akan lebih baik dari Web Hosting gratis yang dikelola lebih profesional.

  • Web Hosting gratis bisa lebih baik, Contoh Web Hosting gratis yang diberikan google untuk para pengguna blogspot, ini lebih baik jika dibandingkan dengan Web Hosting yang dikelola secara tidak profesional.
* Penggunaan
  • Jika penggunaan untuk sesuatu hal yang lebih spesifik dan lebih besar gunakan web hosting yang berbayar, Web Hosting berbayar akan kurang efisien bagi yang hanya ingin melakuan percobaan-percobaan kecil karena ada biaya yang harus dikeluarkan, walaupun harga domain dan web hosting sudah cukup murah namun tetap ada perbedaan yaitu harus ada biaya yang dikeluarkan dibanding web hosting gratis.

  • Web hosting gratis lebih efisien bagi yang ingin mengenal web hosting, percobaan-percobaan bisa dilakukan di hosting gratis.
* Dukungan
  • Web Hosting berbayar memiliki segudang fasilitas dan memberikan layanan penuh bagi penggunanya.

  • Web hosting gratis minim dukungan, ini sudah tentu walaupun setiap penyedia Web Hosting gratis tetap memiliki dukungan walalupun minim.
* Fitur
  • Web Hosting berbayar tentu memiliki fitur lebih banyak terutama untuk hal-hal yang lebih spesifik dimana fitur ini tidak akan dijumpai di web hosting gratis.

  • Web Hosting gratis walupun fitur-fitur yang diberikan terbatas namun jika dikaitkan dengan tujuan penggunaan bisa dibilang fitur yang ada di beberapa web hosting gratis saat ini sudah cukup jika dikaitkan dengan penggunaan yaitu Web Hosting untuk percobaan.

Jika ingin mencoba sesuatu yang lebih rumit untuk apa menggunakan yang gratis sebaiknya gunakan langsung yang berbayar, konten yang rumit sudah tentu untuk tujuan yang lebih besar dan dapat dipastikan pemilik konten sudah siap dari sisi finansial.

Kesimpulan : Web Hosting berbayar lebih baik, pemilihan antara menggunakan web hosting gratis atau menggunakan Web Hosting berbayar adalah tergantung tujuan.

Secara menyeluruh tidak ada yang benar-benar gratis contoh dalam web hosting gratis jikapun gratis biasanya menggunakan sub domain, kalaupun bisa menggunakan main domain setidaknya ada iklan dari penyedia hosting yang wajib atau bahkan akan tampil otomatis di hosting/website yang sudah dibangun.

Sebagian besar penyedia Web Hosting gratis menawarkan hosting premium yang bisa di dapat dengan cara upgrade dari gratis ke berbayar di penyedia hostin gyang sama, penyediaan web hosting gratis lebih ke strategi pemasaran dimana setiap penyedia web hosting gratis mempunyai harapan kepada para penggunanya untuk dapat melangkah lebih jauh yaitu upgarade dari hosing gratis ke hosting berbayar.