Kontes SEO

Tujuan SEO

Garis besar tujuan SEO (Searcch Engine Optimization) adalah meningkatkan trafik pengunjung suatu situs, namun tidak semua efek SEO dapat berhasil dan sesuai dengan harapan semula. Bukan saja trafik pengunjung yang tidak tercapai bahkan dalam kasus tertentu dapat berakibat parah dimana URL situs di-deindex mesin pencari, akibatnya situs tersebut tidak lagi masuk dalam daftar absensi harian search engine.

Kasus seperti ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya dapat diakibatnya karena penerapan metode SEO yang salah sehingga efek SEO tidak lagi positif bahkan bisa fatal dan merusak reputasi suatu situs. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk memahami terlebih dahulu metode SEO sebelum diimplementasikan ke dalam situs.

Apa Itu Kontes SEO

Kontes artinya perlombaan atau kompetisi, jadi secara harfiah kontes SEO adalah perlombaan atau kompetisi SEO (Searh Engine Optimization). Tujuan dari kontes SEO ini tentu tidak lepas dari peningkatan trafik pengunjung suatu situs khusunya situs pihak penyelenggara.

Di Indonesia sendiri kontes SEO sering diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan popularitas suatu situs khususnya situs-situs baru yang masih bertrafik rendah. Situs yang akan dipromosikan biasanya adalah milik pihak penyelenggara meskipun pemilik situs tidak serta-merta merupakan panitia penyelenggara tetapi melalui pengelola lain yang ditunjuk oleh pemilik situs yang bersangkutan.

Para peserta kontes SEO umumnya adalah para publisher atau blogger Indonesia tanpa batasan usia, status dan pekerjaan. Meskipun siapa saja dapat menjadi peserta kontes, bukan berarti tidak ada syarat dan ketentuan khusus yang harus ditaati. Para peserta kontes SEO harus mentaati seluruh aturan yang telah dibuat pihak penyelenggara. Di bawah ini adalah bebarapa aturan dan syarat umum para peserta:
  1. Peserta harus melakukan pendaftaran menjadi peserta Kontes SEO dalam periode tertentu

  2. Tidak boleh mendaftarkan URL utama

  3. Blog/situs yang didaftarkan tidak boleh melanggar ketentuan umum

  4. Artikel harus unik dan tidak boleh copy-paste

  5. Jumlah minilah kata dalam artikel yang dilombakan adalah 400 kata

  6. Harus menyimpan backlink dalam artikel yang tertuju ke URL situs penyelenggara tanpa tag rel="nofollow"

  7. Harus menempatkan banner situs penyelenggara kontes

  8. Harus me-like Facebook Page dan mem-follow Twitter penyelenggara

  9. Tema artikel harus relevan dan sesuai dengan referensi yang diberikan

  10. Jumlah minimal artikel dalam blog yang dilombakan

Adapun syarat pemenang Kontes SEO di antaranya adalah:

  1. Peserta terdaftar

  2. URL yang didaftarkan berada diurutan teratas SERP saat pencarian dengan kata kunci yang dilombakan dengan search engine Google atau Yahoo

  3. Artikel terbukti hasil harya sendiri dan bukan hasil copy-paste

  4. Urutan di bawahnya saat pencarian, otomatis menjadi pemenang berikutnya

Bagi sahabat yang tertarik ingin mencoba mengikuti kontes SEO 2013, berikut adalah informasinya:

  1. http://seo.alfaonline.com/

  2. http://klikgaul.com/kontes-seo/

  3. http://www.asus.com/id/Static_WebPage/Fonepad_SEO_Contest/

  4. http://seojogjaidea.blogspot.com/