Jenis Web Hosting Gratis

Layanan web hosting gratis kini banyak tersedia tidak hanya penyedia web hosting luar negri yang menyediakan layanan hosting gratis namun kini layanan web hosting gratis mulai banyak bermunculan di Indonesia.

Adanya web hosting gratis ini secara umum sebenarnya merupakan strategi pemasaran untuk mendongkrak penjualan layanan hosting yang sebenarnya yaitu layanan berbayar, namun terlepas dari itu keberadaan web hosting gratis bisa membawa manfaat dilihat dari tujuan dan kemampuan finansial yang dimiliki pengguna, masih banyak pengguna yang memanfaatkan web hosting gratis tidak hanya dari sisi layanan yang diberikan namun bisa jadi dikarenakan kurangnya kemampuan finansial tetapi ingin mencoba mengenal dan memanfaatkan keberadaan media online.

Bagi yang ingin memanfaatkan web hosting gratis untuk tujuan positif berikut adalah jenis-jenis web hosting yang sampai saat ini tersedia untuk digunakan.

* Web Hosting gratis menggunakan sub domain, web hosting ini tersedia dan bisa digunakan tetapi tanpa bisa melihat secara keseluruhan file yang ada di server, contoh web hosting ini seperti web hosting yang disediakan oleh blogspot dan wordpress serta yang sejenis dimana pengguna bisa menggunakan layanan web hosting tersebut dengan cara membuat sebuah alamat sub domain misalnya subdomainananda.blogspot.com atau subdomainanda.wordpress.com

dalam web hosting jenis ini pengguna bisa menggunakan fitur yang sifatnya telah disediakan secara default, pengguna tidak bisa bisa merubah secara keseluruhan apa yang telah disediakan karena tidak adanya akses untuk memodifikasi file-file yang ada di server.

* Web Hosting menggunakan sub domain tetapi bisa akses file yang ada di sever, jenis web hosting gratis ini memungkinkan pengguna bisa mengakses file yang ada diserver baik melalui file manager yang telah disediakan, melalui ftp dll.

Pengguna bisa melakukan install dan uninstall script yang diinginkan, misalnya ingin membuat situs web menggunakan pemerograman sendiri atau ingin membuat database atau ingin install CMS yang telah disediakan dll.

* Web Hosting gratis bisa menggunakan domain TLD, atau domain utama seperti .com .net dll dengan begini maka pengguna bisa mengarahkan Name Server ke penyedia web hosting gratis dan bisa memodifikasi file yang ada di dalamnya.

* Web Hosting gratis yang benar-benar memiliki fitur dan layanan layaknya web hosting berbayar, biasanya jenis web hosting ini disertakan dalam penjualan domain jadi menjual domain free web hosting atau sebaliknya yaitu beli web hosting gratis domain, gratis ini entah itu gratis web hosting untuk selamanya selama berlangganan domain ditempat penyedia hosting tersebut atau gratis web hosting di tahun pertama saja, domain yang ditawarkan untuk mendapatkan web hosting ini biasanya akan lebih mahal, tentu saja dan ini masuk akal dimana kelebihan harga domain yang sedikit lebih mahal digunakan untuk biaya hosting.

* Web Hosting gratis dengan membayar secara sukarela, mungkin ini tidak termasuk kedalam jenis web hosting namun setidaknya bisa menggunakan web hosting secara gratis selama penyedia benar-benar memberikan gratis secara sukarela juga, tetapi akhir-akhir ini web hosting dengan cara pembayaran sukarela kini tidak begitu terlihat.

Satu yang pasti bahwa web hosting gratis memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, web hosting gratis sebaiknya digunakan untuk pengenalan dan pembelajaran kemudian ketika Anda sudah benar-benar membutuhkannya silahkan upgrade ke yang berbayar.