Jenis Media dalam Internet

Internet adalah beberapa kemputer dalam jaringan yang terhubung menggunakan standar TCP/IP ( sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol ) sebagai protokol untuk melayani pengguna di seluruh Dunia atau mungkin tidak hanya melalyani diseluruh dunia, bisa jadi Astronot yang mengggunakan komputer di luar angkasa termasuk sebagai pengguna internet karena terhubung dengan jaringan komputer di Bumi.

Pada penerapannya media yang ada dalam internet terdiri dari Jenis dan sub Jenis kemudian diikuti dengan keterangan dari masing-msing jenis, berikut adalah jenis media dalam internet standar yang telah terdaftar melalui Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

Jenis Media dalam Internet yang ada sekarang sangatlah banyak dan artikel ini akan menuliskan beberapa jenis media internet yang paling umum dikenali.

- Aplikasi : postscript, javascript, pdf, MS Word, xhtml+xml, atom+xml, rss+xml, zip

- Text : cmd, css, csv, html, plain, vcard

- Audio : basic, L24, mp4, mpeg, ogg, wave, webm

- Video : mpeg, quicktime, flv, wmv

- Gambar : jpeg, gif, png, tiff

- Model 3D : x3d+binary, x3d+vrml, x3d+xml, vrml, mesh

Detail : graphcomp.com/info/specs/mime.html | en.wikipedia.org/wiki/Internet_media_type

Jenis media dalam internet berbeda dengan jenis alat atau media untuk mengakses internet, jenis media ini bisa dikatakan apa yang tersedia dalam internet yang bisa digunakan melalui perangkat lunak.