Cara Merubah Username Admin Wordpress

Cara Merubah Username Admin Wordpress. Merubah username Admin wordpress merupakan sesuatu hal yang cukup penting untuk dilakukan yang setidaknya bagi yang ingin mencoba masuk ke Admin area wordpress secara tidak sah harus melakukan beberapa hal termasuk harus mengetahui username Admin terlebih dahulu.
Ketika pertama kali install wordpress sudah diberikan pilihan untuk memasukan username namun jika sudah terlanjur menggunakan ussername admin masih bisa dirubah dengan beberapa cara yaitu bisa menggunakan plugin atau secara manual di database.

Merubah username admin melalui database Saya rasa lebih disarankan dibandingkan menggunakan plugin karena proses penggantian melalui database tanpa melibatkan pihak ketga yaitu plugin. Backup terlebih dahulu database sebelum melakukan perubahan username, proses backup bisa melalui fitur backup di panel hosting atau melalui export di phpmyadmin.

Cara merubah username Admin di wordpress adalah sebagai berikut :

1. Login ke panel hosting kemudian masuk ke database melalui phpmyadmin ( secara umum menggunakan phpmyadmin )

2. Akses nama database, jika tidak mengetahui nama database wordpress silahkan edit di file wp-config.php dengan cara masuk file manager di panel hosting kemudian edit wp-config.php dan cari baris define('DB_NAME', 'namadatabase')

3. di phpmyadmin setelah nama database ditemukan kemudian klik dan sebelah kanan cari wp_users

Merubah username admin
Merubah username admin

Merubah username admin 2
Merubah username admin 2

Merubah username admin 3
Merubah username admin 3

Setelah username Admin dirubah kemudian klik GO

Kenapa merubah username Admin lebih disarankan menggunakan cara manual ? disaarankan blog Anda tidak terlalu banyak script-script tambahan dari luar seperti halnya plugin, usahakan jika bisa dilakukan manual gunakanlah cara manual supaya blog Anda lebih aman.

Cara ini khusus bagi wordpress yang dijalankan di self hosting.