Cara Install Joomla di Localhost disertai Gambar

Cara Install Joomla di Localhost disertai Gambar

Bagi Anda yang memerlukan tutorial cara install joomla di localhost terutama menggunakan xampp server berikut adalah tahapan cara install joomla di localhost lengkap disertai gambar, sangat dianjurkan sebelum Anda memilih Joomla silahkan pahami sekilas tentang apa saja yang perlu dilakukan agar mendapatkan solusi dari setiap masalah mengenai joomla yang mungkin akan Anda temukan nantinya.

Sekarang kita langsung menuju tahapan cara install joomla di localhost :

* Seperti biasa silahkan download joomla

* Extract kemudian tempatkan file yang berisi joomla ke folder c:/xampp/htdocs

Folder Joomla di htdocs xampp server

* Setelah file joomla disimpan di folder htdocs kemudian jalankan xampp dan buat database

Membuat database di localhost xampp server

* Akses folder joomla yang ada di htdocs melalui browser http://localhost/joomla3.1.5 ( sesuai dengan folder joomla yang dibuat ) kemudian enter

Konfigurasi tahapan install Joomla
  • Main Configuration : Pilih Bahasa, Nama situs web, Keterangan situs web, Email admin, Admin Username, Admin Password sesuai yang diinginkan. Site Offline pilih ya jika ingin ketika web dibuka tampil halaman maintenance dan pilih tidak untuk sebaliknya.
  • Database Configuration :
- Database Type pilih MySQL atau MySQLi ( MySQLi merupakan pengembangan dari MySQL yang dibangun menggunakan PHP extension framework dengan bertujuan untuk berbagai hal nantinya) ini bisa dibiarkan default.

- Host Name biarkan default biasanya "localhost"

- Username isi dengan username localhost biasanya root

- Password isi dengan password localhost yang dibuat ketia seting security di localhost http://localhost/security/xamppsecurity.php

- Database Name isi dengan nama database yang sudah dibuat sebelumnya

- Table Prefix bisa dibiarkan default

- Old Database Process bisa dibiarkan default

Klik next

* Finalisation, Pilih non jika instalasi joomla tanpa sample data dan pilih Learn Joomla English (GB) Sample Data jika ingin menambahkan data sample ke joomla yang akan di install, Email Configuration pilih Yes jika data install ingin dikirim ke email dan pilih No untuk sebaliknya

Tahap akhir install Joomla di localhost

Kemudian klik install dan tunggu sampai proses instalasi selesai

* Setelah install berhasil klik Remove Installation folder untuk menghapus folder install di folder joomla, ini harus dilakukan supaya joomla Anda tidak ada yang install ulang, selanjutnya pilih Site untuk melihat halaman depan Joomla atau pilih Administrator untuk masuk ke halaman Administrator Joomla. Anda juga bisa pilih Extra steps: Install languages untuk menambahkan bahasa lain.

* Proses Install Joomla di localhost selesai dan hasilnya sebagai berikut, secara default Joomla 3.1.5 menggunakan template Protostar

Tampilan Joomla default 3.1.5 di localhost

Gambar diatas adalah Joomla3.1.5 dengan pilihan Sample Data None ( tidak menyertakan sample data ketika proses install )

Untuk ApacheFriends XAMPP Version 1.8.2 didalam nya sudah disertakan BitNami for XAMPP yang diperuntukan untuk install aplikasi seperti Joomla, Wordpress, Magento dll secara langsung tanpa proses manual, ini mirip dengan Script auto installer di hosting namun bedanya harus download terlebih dahulu dengan fasilitas download yang sudah disediakan.

 BitNami For XAMPP Server